Subak dari Bali Sah Menjadi Warisan Budaya Dunia

by
July 3rd, 2012 at 9:29 am

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bangsa Indonesia memiliki beraneka ragam budaya dan suku bangsa. Bahkan dunia pun telah mengakuinya. Sebagian besar budaya tersebut sangat unik dan tidak dimiliki oleh negara lain. Oleh karenanya kita patut berbangga karena salah satu budaya unik Indonesia telah diresmikan menjadi salah satu warisan budaya dunia, yaitu sistem pengairan Subak ala masyarakat Bali.

UNESCO (United Nations Educational and Cultural Organization), badan PBB yang mengurusi masalah pendidikan dan kebudayaan, menggelar sidang yang ke-36 di St. Petersburg, Rusia pada hari Jumat minggu lalu.

Dalam sidang yang dihadiri oleh Duta Besar Indonesia untuk Rusia, Djauhari Oratmangun, serta beberapa staf kedutaan Indonesia lainnya seperti Kepala Divisi Penerangan KBRI M. Aji Surya, dibahas masalah kelayakan Subak menjadi warisan budaya dunia.

Pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) menyampaikan bahwa hal ini sudah diperjuangkan sejak 12 tahun yang lalu dan pernah juga dibahas dalam rapat UNESCO. Namun, keputusan pengesahannya selalu tertunda, hingga akhirnya, baru pada Juni 2012, Subak dari Bali disahkan sebagai warisan budaya dunia.

Alasan Subak terpilih sebagai warisan kebudayaan dunia ialah karea Subak dinilai sebagai bukti nyata budaya kehidupan masyarakat Bali. Selain itu, UNESCO juga menilai sistem pengairan Subak dapat mempertahankan keeratan hubungan sosial antarmasyarakat Bali

UNESCO bukan baru sekali ini saja meresmikan budaya Indonesia menjadi warisan dunia. Sudah ada beberapa budaya seperti kerajinan batik, keris, Candi Prambanan, dan alat musik angklung, yang diakui oleh badan dunia ini.

 

Comment di sini