Wah! Jus Buah Ternyata Berbahaya

by
July 3rd, 2012 at 2:35 pm

Jus buah yang disebut-sebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ternyata tidak sepenuhnya benar. Di balik kenikmatan jus buah, terdapat ancaman bagi kesehatan yang perlu diwaspadai.

Studi mengungkap bahwa terbiasa mengonsumsi jus buah dua gelas sehari tidak memberikan manfaat yang positif. Kebiasaan ini malah akan membuat kamu menjadi terus menerus menginginkan makanan manis dengan kandungan kalori yang tinggi.

Para ahli berpendapat bahwa dalam jus buah terdapat kandungan gula yang sangat tinggi dan sudah selayaknya tidak dimasukkan dalam makanan sehat yang wajib dikonsumsi tiap hari.

Hans-Peter Kubis dari University of School Sport, Health & Exercise Sciences mengatakan bahwa bahaya jus buah terletak pada kandungan gulanya. Peneliti ini juga mengatakan bahwa sudah sepatutnya bila gula dikenai pajak karena dapat mendatangkan bencana kesehatan di masa depan. Ia juga mengingatkan agar jus buah tak lagi dimasukkan ke jargon kesehatan lima makanan yang harus dikonsumsi setiap hari.

Dr Kubis kembali menjelaskan bahwa sekarang ini kita dihadapkan bencana kesehatan multilevel karena peningkatan obesitas dan diabetes tipe dua yang sering menyerang. Dari penelitian yang ia lakukan, ditemukan bahwa terbiasa minum jus buah malah membuat orang menjadi ketagihan minuman manis.

Para ahli kesehatan harus mengingatkan pada para orang tua bahwa yang paling baik bagi anak-anak adalah air putih. Air putih ternyata lebih sehat daripada jus yang diklaim sebagai minuman sehat. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa sirup, minuman soda dan jus buah alami memiliki kandungan gula yang sangat tinggi karena memiliki rasa sangat manis. Dr Kubis menambahkan bahwa dalam jus buah sebenarnya terdapat kandungan gula lebih tinggi daripada perkiraan.

Libby Babet, seorang ahli kesehatan, menyarankan agar menambahkan seiris lemon pada air putih sehingga memiliki rasa. Air putih dan teh herbal memang tidak memiliki rasa namun, dua hal ini bisa membantu menjaga kesehatan. Air putih dengan irisan lemon bisa menjadi alternatif yang baik menggantikan jus buah.

Comment di sini