6 Pemain Yang Harganya Naik Setelah Euro 2012

by
July 4th, 2012 at 12:52 pm

Piala Eropa 2012 telah usai. Setelah 31 pertandingan dan 76 gol, perhelatan akbar tersebut diakhiri dengan Spanyol keluar sebagai juara. Perolehan ini membuat Spanyol menjadi negara pertama yang mampu meraih gelar juara Piala Eropa 2012. Atas prestasi tersebut, timnas Spanyol dan setiap pemain yang ada di dalamnya bersinar semakin terang. Sebut saja David Silva, Andres Iniesta, serta Jordi Alba. Penampilan mereka telah mendongkrak reputasi dan juga nilai transfer mereka.

Tapi, tidak hanya pemain Spanyol yang telah menunjukkan seluruh kemampuan mereka. Polandia, Rusia, Swedia, dan Denmark, meskipun tidak berhasil lolos fase grup, punya pemain-pemain yang telah menunjukkan performa yang baik. Menjelang bursa transfer yang segera hadir, berikut daftar 6 pemain–selain Spanyol dan Italia– yang telah meningkatkan nilai transfer mereka selama pergelaran Piala Eropa 2012 seperti dikutip dari Bleacher Report.

1. Alan Dzagoev, Rusia

Adam Ciereszko/EPA

Dzagoev, yang bermain untuk CSKA Moscow, bermain sangat baik pada fase grup. Menorehkan tiga gol hanya di fase grup merupakan prestasi yang bagus. Namun sayang, laju Rusia terhenti di fase grup karena peraturan dengan sistem head to head yang belum lama diterapkan.

Dengan tersisa 6 bulan masa kontraknya, nilai transfernya belum menanjak terlalu tinggi karena CSKA tentunya akan mempertahankan Dzagoev sebisa mereka. Jika berhasil, mereka akan memiliki pemain tengah berusia muda senilai $ 12 juta dalam skuat mereka. Jika mereka gagal, akan ada banyak tim lain yang berminat meminangnya.

2. Theodor Gebre Selassie, Republik Ceko

Clive Mason/Getty Images

Meski kalah dari Rusia pada pertandingan perdana mereka, Republik Ceko mampu lolos ke perempat final setelah mengalahkan Polandia dan Yunani. Dua kemenangan tersebut tak lepas dari peran Selassie yang bermain gemilang.

Bek kanan yang rajin membantu serangan ini telah digaet Weder Bremen dengan nilai $ 1.6 juta sesaat sebelum Piala Eropa 2012 digelar. Setelah performanya bersama Ceko, setidaknya pemain tersebut akan bernilai tiga kali lipat.

3. Andriy Yarmolenko, Ukraina

Martin Rose/Getty Images

Taktik Ukraina dalam setiap pertandingan adalah melalui pemain sayap yang kerap bertukar posisi. Dengan pemain kidal Andriy Yarmolenko di sayap kanan dan pemain kaki kanan Yevhen Konoplyanka aktif di sisi kiri, dua pemain tersebut terus menjadi andalan untuk menciptakan peluang menembak atau memberi umpan silang.

Yarmolenko sekarang ini bermain di Dinamo Kyiv. Setelah penampilannya di Piala Eropa 2012, ia sepertinya tidak akan kekurangan klub yang ingin meminangnya. Ia hanya tinggal membulatkan niatnya untuk pindah ke klub lain yang lebih terkenal. Namun, tentu saja Kyiv akan meminta bayaran yang lebih tinggi untuk bisa melepas Yarmolenko.

4. Nicklas Bendtner, Denmark

Alex Livesey/Getty Images

Salah satu pemain yang dipastikan bakal hengkang dari klubnya pada bursa transfer mendtang adalah Nicklas Bendtner. Bendtner, yang musimlalu dipinjamkan ke Sunderland, sepertinya tidak akan kembali ke Arsenal karena dengan mereka yang telah memperkuat lini depan mereka musim ini dengan menambahkan Lukas Podolski dan Olivier Giroud.

Arsenal pastinya senang melihat penampilan Bendtner di Piala Eropa 2012. Hal tersebut akan melambungkan harga Bendtner yang sejauh ini belum memiliki peminat.

5. Joao Moutinho, Portugal

Laurence Griffiths/Getty Images

Salah satu pemain tengah Portugal yang mampu melakukan passing sama baiknya dengan para pemain tengah Spanyol adalah Joao Moutinho. Ia memang telah memiliki nilai transfer yang lumayan besar, $ 32 juta. namun, setelah menunjukkan kontrol permainan yang baik, harganya tentu akan kembali melambung.

Pemain berusia 25 tahun tersebut sekarang ini bermain bersama F.C Porto. Jika memang ia memutuskan untuk pindah ke klub baru, ia sepertinya tidak akan terpilih menjadi eksekutor penalti karena kegagalannya dalam laga adu penalti saat melawan Spanyol.

6. Mats Hummels, Jerman

Boris Streubel/Getty Images

Pemain bertahan Borussia Dortmund tersebut menunjukkan performa yang luar biasa selama Piala Eropa 2012. Dia bertahan dengan penuh semangat dan berkelas. Dia juga mampu membaca dan memotong umpan-umpan lawan dengan baik.

Sekarang ini nilai transfer Hummels sekitar $20 juta. Dengan usianya sekarang, bukan tidak mungkin jika nanti ia akan mampu menembus rekor sebagai pemain bek termahal, yang masih dipegang oleh Rio Ferdinand dengan nilai $29.1 juta.

Comment di sini