Galaxy Nexus Diblokir Apple, Google Bantu Samsung

by
July 4th, 2012 at 4:56 pm

Samsung Galaxy Nexus dilarang beredar di pasar elektronik Amerika Serikat (AS) atas keinginan Apple Inc. Perusahaan pembuat iPhone tersebut menganggap Samsung Galaxy Nexus telah melanggar hak patennya.

Menanggapi pencekalan yang dilakukan oleh pihak Apple, Google pun mengaku akan membantu Samsung. Wajar saja, pasalnya Galaxy Nexus adalah ponsel kreasi Google yang diproduksi oleh Samsung.

Apple mempermasalahkan hak paten mesin pencari yang digunakan di Samsung Galaxy Nexus. Mesin pencari tersebut sejatinya dikeluarkan oleh pihak Google selaku sang kreator software di ponsel terbaru Samsung tersebut.

“Kami juga bekerja erat dengan Google untuk menyelesaikannya, karena paten yang dipertanyakan terkait dengan fungsi unified search dari Google,” pernyataan pihak Samsung seperti dikutip dari detikINET, Rabu (4/7/2012).

Untuk mengatasi masalah hak paten, Google akan membantu Samsung dalam sistem software. Pasalnya raksasa internet itu akan melakukan update software di Galaxy Nexus sehingga tidak lagi melanggar paten Apple.

Dengan cara update software tersebut, Google berharap agar Samsung Galaxy Nexus kreasianya bisa dijual kembali di Amerika Serikat. Dalam ponsel canggih ini Google yang bertanggung jawab penuh atas software-nya.

Sejauh ini, pihak Samsung sudah berusaha untuk mengajukan banding ke pengadilan AS. Namun, upaya bandaing Samsung Galaxy Nexus tersebut pun gagal. Pihak pengadilan yang dipimpin oleh hakim Lucky Koh tidak mengabulkan banding yang diajukan Samsung.

Pencekalan ponsel buatan Samsung bukanlah yang pertama kali terjadi. Sebelumnya, ponsel Samsung Galaxy Tab 10.1 juga dicekal penjualannya di AS. Namun, pada akhirnya Galaxy Tab 10.1 itu bisa kembali dijual setelah pihak Samsung berhasil melakukan banding.

Sejauh ini, perseteruan antara Samsung dengan pihak Apple memang tengah memanas. Keduanya terus bersaing dalam mengeluarkan ponsel dan juga tablet PC yang memiliki kemampuan hampir sama.

Comment di sini