Satu Lagi Manfaat Cokelat Bagi Kecantikan

by
July 4th, 2012 at 9:13 am

Sebuah kabar gembira bagi kamu yang sangat menyukai cokelat. Banyak yang menganggap cokelat adalah makanan yang tidak sehat namun ternyata anggapan itu tidak sepenuhnya benar.

Makanan yang terbuat dari biji kakao ini memang digemari banyak kalangan, dari anak-anak hingga orang tua. Namun, banyak juga yang tidak tahu manfaat makanan berwarna kehitaman ini bagi kesehatan.

Salah satu manfaat cokelat adalah memperlancar aliran darah ke otak. Selain itu, sebuah penelitian menemukan bahwa senyawa dalam kakao memiliki kadar flavanol yang sangat tinggi. Senyawa ini dapat mencegah serangan jantung dan berguna sebagai antioksidan. Flavanol ternyata juga dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

Ini berarti cokelat adalah makanan dengan tabir surya alami. Sebuah riset yang diterbitkan di Journal of Nutrition menyebutkan bahwa wanita yang mengonsumsi cokelat dengan kadar flavanol yang tinggi, 326 mg perhari selama 3 bulan, mengalami penurunan kepekaan terhadap sinar UV, peningkatan aliran darah, hidrasi, dan ketebalan kulit daripada mereka yang hanya sedkit makan cokelat.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kelompok wanita yang banyak mengonsumsi cokelat dengan kadar flavanol tinggi lebih tahan terhadap sinar matahari sehingga kulit mereka tidak mudah terbakar. Namun jangan menganggap temuan ini memperbolehkan kamu untuk mengonsumsi cokelat olahan yang banyak dijual di supermarket. Cokelat olahan ini memiliki kandungan gula yang terlalu tinggi dan tidak sedikit pun memiliki kualitas yang sama dengan cokelat asli.

Saat akan mengonsumsi cokelat, pilihlah yang mengandung banyak kakao. Cokelat hitam dengan kandungan kakao tinggi semakin baik karena kadar flavanol yang dibutuhkan kulit juga semakin tinggi.

Comment di sini