Menjadi Orang Tua Tunggal Bukanlah Kiamat

by
July 4th, 2012 at 8:47 am

Menjadi orangtua tunggal dalam mendidik dan membesarkan anak memang bukanlah hal yang mudah.

Di satu sisi, dalam menjalani hidup Anda harus menjadi kuat dan tangguh, sedangkan di sisi lain pasti ada rasa kesepian yang membuat rapuh.

Tetapi jangan pernah menyerah. Menjadi orangtua tunggal bisa menimbulkan kebanggaan apabila kelak anak yang diasuh bisa menjadi orang yang berguna bagi diri sendiri dan orang lain.

Simak cara menjalani hidup sebagai orangtua tunggal berikut ini:

1. Anda tidak sendiri

Hal yang perlu Anda ingat adalah Anda tidak sendiri dalam menjalani kehidupan sebagai orangtua tunggal. Anda masih punya saudara, teman, atau orangtua yang siap mendukung dari belakang. Apabila Anda larut dalam keputusasaan, anak-anak juga pasti akan menjadi korban di kemudian hari karena mereka butuh tuntunan. Perlihatkan kepada mereka bahwa Anda tegar dan kuat.

2. Jalani aktifitas rutin bersama anak-anak

Sesibuk apapun Anda sebagai orangtua tunnggal yang bekerja membanting tulang, luangkanlah waktu khusus bersama buah hati agar hubungan tetap erat terjalin. Buatlah aktifitas bersama anak- anak pada saat libur atau akhir pekan  untuk mengunjungi saudara  atau melakukan aktifitas yang lainnya yang membuat Anda sekeluarga menjadi semakin dekat dan bebas stres.

3. Jadikan anak sebagai sehabat

Jadikanlah anak sebagai sehabat dengan selalu mendengarkan apapun cerita mereka, dan sebaliknya Anda juga dapat menceritakan apa yang sedang Anda hadapi agar tercipta komunikasi timbal balik. Menganggap anak sebagai sahabat akan membuat suasana kekeluargaan lebih cair dan rileks.

4. Tetaplah bekerja

Apapun yang terjadi, Anda harus tetap semangat dalam bekerja. Apabila tidak memungkinkan untuk bekerja di luar rumah, ciptakanlah usaha sendiri di rumah (lihat: 7 Pekerjaan yang Dapat Dilakukan di Rumah). Persoalan finansial menjadi suatu hal yang amat krusial bagi seorang orangtua tunggal dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga.

5. Berorganisasi

Jangan menutup diri untuk berkembang dan menjadi lebih baik dalam segala hal. Bergabunglah dalam suatu organisasi misalnya perkumpulan bapak-bapak atau ibu-ibu di lingkungan setempat, keagamaan atau organisasi yang  secara spesifik mendukung orang tua tunggal untuk lebih maju.

Jangan pernah berkecil hati dengan status Anda sebagai orangtua tunggal. Jadikanlah anak sebagai motivasi pelecut semangat hidup. Anak adalah titipan Tuhan. Dengan menghargai anak, kita telah menghargai Tuhan.

Comment di sini