Waspadai Pencurian di Jasa Pengiriman Paket!

by
July 4th, 2012 at 4:04 pm

Bloomberg via Getty Images

Kepolisian Sektor (Polsek) Bandung Kidul berhasil menangkap dua orang warga Makassar yang menggunakan modus baru dalam mencuri. Mereka adalah Yusuf Efendi (24) dan Valentino Febrian (33). Keduanya merupakan pendatang yang baru beberapa bulan menetap di Bandung.

Mereka berdua pernah bekerja di perusahaan ekspedisi, perusahaan yang memberikan jasa pengiriman paket. Berbekal pengalaman, para tersangka yang sudah mengetahui kelemahan jasa pengiriman paket tersebut pun mencoba melakukan pencurian di Bandung.

Modus yang mereka gunakan termasuk masih baru. Pertama-tama, Yusuf mendatangi sebuah perusahaan penyedia jasa pengiriman paket atau ekspedisi. Berpura-pura akan mengirim barang, pria tersebut malah mencatat data-data penting seperti nomor resi pengiriman, nama, serta alamat penerima paket. Data-data tersebut kemudian dikirimkan melalui SMS kepada rekannya, Valentino.

Kemudian, Valentino menelepon perusahaan tersebut. Ia berpura-pura menjadi pemilik paket yang akan dituju. Setelah menyebutkan nama, alamat dan nomor resi yang tepat hingga perusahaan ekspedisi tersebut percaya, maka ia meminta perusahaan tersebut agar tidak mengirimkan barang karena orang suruhannya akan mengambil paket tersebut.

Untuk membawa paket tersebut, mereka menyewa dua buah mobil dan seorang supir. Mobil pertama yang dikendarai supir, akan membawa paket tersebut. Mobil kedua yang mereka kendarai sendiri, menunggu di tempat sepi. Setelah supir datang membawa barang, paket tersebut dipindah ke mobil yang dikendarai tersangka.

Para tersangka mengaku tidak mengetahui secara pasti apa isi paket yang mereka curi. Biasanya paket-paket tersebut berisi pakaian, sepatu, dompet, DVD, hardisk, dan lain-lain. Kerugian dari aksi penipuan ini diperkirakan mencapai ratusan juta.

“Untuk di satu perusahaan ekspedisi saja, mereka mengambil 12 paket besar berisi sepatu yang nilainya mencapai RP 51 juta,” ucap Kapolsek Bandung Kidul AKP Asral Bakar, seperti dikutip dari detikBandung.

Kedua tersangka kini ditahan di Mapolsek Bandung Kidul. Mereka akan dikenakan pasal penipuan dan penggelapan 378 jo pasal 371 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Comment di sini