10 Fakta Unik Tentang Otak

by
July 5th, 2012 at 4:17 pm

Otak manusia memang menyiman banyak kejutan. Organ yang memiliki fungsi penting ini berada di dalam tengkorak yang berfungsi melindunginya dari segala kerusakan yang berasal dari luar. Bila otak tak berfungsi, manusia tidak akan dapat berinteraksi.  Simak 10 fakta unik tentang otak berikut ini:

1. Tidak memiliki saraf rasa sakit

Tidak ada saraf rasa sakit di otak jadi jangan heran bila dokter mampu mengoperasi pasien saat mereka masih sadar. Hal ini dapat membantu mereka untuk tidak merusak kemampuan bicara, melihat, bergerak dan lain sebagainya saat sedang mengoperasi karena mereka bisa langsung berkomunikasi dengan pasien.

2. Otak memiliki pembuluh darah sepanjang 100.000 mil

Otak terdiri dari 100 miliar neuron yang saling berhubungan. Otak menghasilkan daya sebesar 10-23 watt saat terjaga yang mampu menyalakan sebuah bohlam. Otak mampu menampung informasi hingga 1000 terabytes. Di dalam organ ini terdapat pembuluh darah yang bila digabungkan panjangnya mencapai 100 ribu mil.

3. Otak Albert Einstein masih disimpan

Saat ilmuwan jenius ini meninggal pada 1955,para dokter menyimpan otaknya. Dr Thomas Harvey adalah dokter yang mengeluarkan otak Einstein 7,5 jam setelah kematiannya. Otak ini disimpan untuk tujuan riset. Otak ini dipotong-potong menjadi 240 bagian dan disimpan dalam sebuah toples yang diisi cairan formaldehyde.

4. Otak kanan dan otak kiri berbeda

Otak kiri berfungsi untuk memproses berbagai macam informasi rasional seperti matematika, logika, dan lain sebagainya. Sedangkan otak kanan sebaliknya,  memproses kreatifitas, seni dan perasaan.

5. Otak pria lebih besar dari otak wanita

Ukuran otak pria lebih besar dari wanita sekitar 10 persen. Hal ini tidak membuktikan bahwa pria lebih pintar daripada wanita. Otak wanita memiliki lebih banyak saraf dan konektor. Otak wanita lebih efisien daripada laki-laki namun wanita lebih banyak memproses informasi di bagian emosi sedangkan laki-laki di bagian logika.

6. Otak lebih aktif saat tidur

Otak manusia ternyata menjadi lebih aktif saat sedang tidur. Malam hari menjadi waktu bagi otak untuk memproses aktivitas yang dilakukan pada siang hari. Beberapa orang percaya bahwa ini adalah cara untuk memproses emosi dan interaksi kehidupan yang kompleks. Tidur siang bisa membuat seseorang menjadi lebih fokus saat bekerja.

7. Inception itu nyata

Seseorang bisa mengontrol mimpi ternyata memang benar. Mengontrol hasil mimpi pada saat tidur ini berakar pada agama Buddha Tibet kuno dimana calon akan berlatih “Yoga Mimpi”. Lucid dream bisa membantu mengontrol mimpi buruk.

8. Tidak ada yang tahu alasan tertawa

Tertawa bisa membuat awet muda bahkan ada juga yang mengikuti terapi tertawa. Bayi mulai tertawa saat berusia 4 bulan. Walaupun tertawa sepertinya hal yang alami, sampai sekarang tidak ada yang tahu alasan orang tertawa.

9. Ukuran kepala besar atau kecil

Banyak penelitian yang mencampuradukkan antara kepala besar atau ukuran otak dengan kecerdasan padahal otak Albert Einstein hanya 1230 gram sedangkan berat rata-rata otak orang dewasa adalah 1400 gram. Orang berkepala besar disebut-sebut lebih cerdas daripada orang yang berkepal kecil lancip ke atas.

10. IQ tertinggi adalah 210

Ung Young lahir pada 8 Maret 1972. Ia sudah memahami Aljabar saat masih berusia 8 bulan. Saat berusia 2 tahun ia lancar berbicara 4 bahasa asing. Ia mulai masuk universitas saat berusia 4 tahun dan lulus di usianya yang ke 15. Sekarang ia tinggal di Korea Selatan.

Itulah 10 fakta unik yang perlu kamu tahu mengenai keajaiban otak. Otak ternyata memang menyimpan banyak kejutan.

Comment di sini