Becak Buatan Mahasiswa Berbahan Bakar Gas

by
July 5th, 2012 at 6:54 pm

ham.kabar17.com

Tiga mahasiswa asal Semarang membuat becak bertenaga gas. Becak yang diberi nama ‘Becak Spesial’ tersebut kina telah 85 persen selesai pengerjaannya. Adalah Monelis Widyatama, Alisadikin, dan Sudita, mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang (UNNES), yang mengembangkan proyek ini.

Ikhsan Hakim, dosen yang membina ketiga mahasiswa tersebut, menuturkan bahwa becak yang menggunakan gas sebagai bahan bakar itu mampu menempuh jarak 75 kilometer dengan satu kilogram gas dan kecepatan maksimal adalah 60 kilometer per jam. Ikhsan juga menambahkan bahwa proyek mereka sudah 85% selesai.

“Masih dalam tahap pembuatan konverter kit untuk sistem karburator,” ungkap Ikhsan seperti dikutip dari Okezone.

Kerangka yang digunakan untuk membangun becak tersebut merupakan buatan sendiri. Mereka menggunakan pipa besi setebal 2,3 milimeter. Dalam merancang desain awal, mereka menggunakan komputer. Untuk menyelesaikan seluruh kerangka, mereka membutuhkan waktu sekitar tiga minggu.

Mereka mengklaim bahwa Becak Spesial ini lebih aman dari becak motor lainnya. Pasalnya, mereka mengadaptasi sistem kemudi mobil dengan penggerak ban depan. Sistem ini dimaksudkan untuk menjaga kestabilan pada saat melaju.

Mesin yang menggerakkan becak tersebut menggunakan mesin Kanzen. Mereka telah menandatangani nota kesepahaman bahwa becak garapan mereka akan didukung oleh Kanzen. Mesin yang disediakan oleh Kanzen memiliki kapasitas 10 cc dengan sebagian suku cadang merupakan buatan mahasiswa-mahasiswa kreatif itu.

Pembuatan Becak bertenaga gas ini dinspirasi dari keberhasilan para mahsiswa yang sebelumnya berhasil membuat motor berbahan bakar gas.

Comment di sini