Bersiaplah, 9 Juli Akan Datang “Kiamat Internet”

by
July 5th, 2012 at 5:57 pm

Menurut Biro Investigasi Amerika Serikat (FBI), setiap komputer yang terinfeksi dengan malware berjenis DNS-Changer akan mengalami “kiamat internet”. Pada masa “kiamat internet” yang diduga akan terjadi pada 9 Juli 2012 tersebut, komputer yang terjangkit software jahat (virus) DNS-Changer akan lumpuh dan tidak dapat mengakses dunia maya.

DNS-Changer merupakan sebuah virus jahat yang muncul pertama kali pada 2007 silam. Virus yang mampu menjangkiti komputer berbasis Windows dan Mac tersebut telah menginfeksi jutaan komputer di dunia. Tujuan utama virus ini adalah ‘membawa’ komputer yang telah dikuasainya untuk mengunjungi situs-situs iklan yang dibuat oleh para hacker. Cara kerja ini mampu mendatangkan uang hingga US$ 14 juta bagi para pembuatnya.

Seperti dilansir dari situs teknologi PC World, FBI menganjurkan kepada seluruh pengguna internet untuk memeriksa apakah perangkat komputer mereka terinfeksi DNS-Changer tersebut atau tidak. Karena selain membawa perangkat yang telah terjangkit menuju situs iklan, virus tersebut juga mencegah korbannya untuk menggunakan atau meng-update (memperbarui) program anti-virus yang mereka miliki.

Terkait dengan serangan DNS-Changer tersebut, FBI telah menangkap 6 orang berkewarganegaraan Estonia karena diduga menjalankan penipuan dengan menggunakan DNS-Changer. Saat penangkapan, para petugas juga berhasil menyita DNS Server yang mereka gunakan untuk membawa korbannya menuju tautan berbahaya.

Enam bulan lalu, Tacoma menyatakan bahwa separuh dari semua perusahaan yang termuat dalam daftar Fortune 500 telah terinfeksi DNS-Changer. Tacoma sendiri merupakan perusahaan kemanan komputer yang berbasis di Washington, Amerika Serikat.

Comment di sini