CiriCara: Cara Agar Password Susah Diretas

by
July 5th, 2012 at 9:30 am

Perkembangan teknologi di dunia maya sudah semakin pesat. Tidak hanya para penggunanya saja yang terus bertambah, tapi juga para hacker yang tidak kalah pintar untuk membobol akun jejaring sosial, bahkan sistem jaringan negara.

Bagi kamu yang sering di-hack baik email, akun jejaring sosial, atau akun-akun online lainnya, sudah saatnya untuk mengganti password atau kata sandimu.

Berikut ini ada beberapa langkah untuk membuat password yang tidak mudah dibobol oleh para hacker.

1. Nama pengguna (user name)

Jangan gunakan nama kamu sendiri sebagai ID. Sebaiknya, pakailah nama yang sulit untuk ditebak atau nama julukan yang kamu miliki. Dengan demikian, para hacker akan mengalami sedikit kesulitan untuk menemukan namamu di dunia maya.

2. Password

Untuk membuat para hacker itu semakin kesulitan membobol akun situs online-mu, password adalah kuncinya. Perhatikan cara membuat password ini: Jangan pernah membuat password dengan menggunakan tanggal lahir atau namamu sendiri, misalnya “yoankristianti”.

Password seperti ini mudah ditembus oleh password-cracking software. Untuk mengantisipasinya, mungkin kamu bisa menambahkan ‘spasi’ di tengah-tengah namamu, menjadi “yoan kristianti”. Password yang sulit ditembus oleh para hacker adalah password yang menggunakan kombinasi antara huruf dan angka, seperti “j0B1b4″.

Alternatif lainnya adalah membuat password dengan terbalik. Misalnya, kamu menggunakan namamu sendiri, buatlah nama itu menjadi kombinasi yang rumit, seperti “krisyo antianti”. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kombinasi password dengan menggabungkan semua tanggal lahir anggota keluargamu.

Akan tetapi, kamu harus benar-benar mengingat password yang digunakan pada setiap akun. Alih-alih tidak dapat di-hack oleh hacker, kamu sendiri juga tidak bisa log in. Intinya, buatlah password kamu sekreatif mungkin agar sang hacker tidak dapat menembus akunmu.

3. Pertanyaan keamanan

Pada umumnya, setiap kali kamu membuat akun di situs online, pasti mereka akan menanyakan pertanyaan keamanan (security question) yang jawabannya mengacu pada password kamu. Hal ini sebenarnya untuk mengingatkan para penggunanya jika mereka lupa akan password yang digunakan. Tapi justru pertanyaan itu memudahkan para hacker untuk membobol akun kamu. Jadi, ada baiknya, kamu tidak memilih pertanyaan yang benar-benar merujuk ke password-mu.

Itulah ketiga langkah penting yang dapat kamu lakukan untuk membuat password yang sulit ditembus oleh para hacker serta beberapa faktor lainnya yang memungkinkan para hacker melacak keberadaan akun-mu di situs online.

Yahoo

Comment di sini