Fauzi Bowo Digugat Karena Masalah Tanah

by
July 5th, 2012 at 4:41 pm

Raj Kumar Singh menggugat Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. Gubernur DKI yang terkenal dengan kumisnya tersebut diduga melakukan tindakan melawan hukum terkait dengan penggunaan tanah penggugat dalam proyek Banjir Kanal Timur (BKT).

Kuasa hukum penggugat, Otto Cornelis Kaligis, mengatakan bahwa tanah kliennya diambil secara sewenang-wenang oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Pengacara yang akrab disapa Bang Oce tersebut menyampaikan hal ini di kantornya di Jalan Majapahit, Jakarta Pusat, Kamis (5/7).

Kasus ini berawal dari tanah klien OC Kaligis yang digunakan untuk proyek BKT seluas 10.853 meter persegi. Sementara, kliennya yang memiliki tanah seluas 30.285 meter persegi tersebut belum mendapat ganti kerugian. Lokasi tanah yang disengketakan terletak di kelurahan Ujung Menteng, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

“Dengan begitu, perlakuan ini dapat dikatakan perbuatan melawan hukum sesuai Pasal 1365 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUH Perdata),” ujarnya seperti dikutip dari Tribunnews.

Raj Kumar Singh menuntut agar para tergugat yang terdiri dari Pemprov DKI Jakarta, Gubernur Fauzi Bowo, Panitia Pengadaan Tanah dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU), untuk mengganti kerugian materiil sebesar Rp 218 miliar dan kerugian imateriil sebesar Rp 100 miliar beserta penambahan bunga sebesar 2% setiap bulannya.

Ini bukan kali pertama Fauzi Bowo atau Foke digugat oleh warga Jakarta. Sebelumnya, Agustinus Dawarja dan Ngurah Anditya mengajukan gugatan atau permohonan Citizen Lawsuit kepada Presiden SBY dan Foke untuk membuat kebijakan guna mengurai kemacetan di Jakarta yang dinilai semakin parah.

Comment di sini