Kopaja Baru ini Dilengkapi AC, Wi-fi, dan GPS

by
July 5th, 2012 at 2:52 pm

Agung Rajasa/Antara

Selain Air Conditioner (AC), 30 Unit armada bus Koperasi Angkutan Jakarta (Kopaja) dilengkapi berbagai fasilitas di antaranya dengan Global Positioning System (GPS) dan Wi-fi yang menyediakan koneksi internet. Selain itu, bus-bus berwarna dominan hijau tersebut juga akan dilengkapi dengan kartu pembayaran elektronik.

Kamis (5/7), Koperasi angkutan Jakarta meluncurkan 30 unit bus dengan berbagai fasilitas menarik. Setelah peluncuran yang dilakukan di gerbang barat Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan, bus-bus tersebut akan mulai mencoba untuk beroperasi di jalanan ibukota mulai pekan depan.

Penumpang yang berminat mencoba keunggulan Kopaja AC ini akan dikenakan biaya Rp 5 ribu. Kopaja tersebut akan melayani rute Ragunan – Tanah Abang (P19) dan Lebak Bulus – Senen (P20).

Bus tersebut tidak hanya menjanjikan kenyamanan yang diberikan oleh AC dan Wi-fi. Fasilitas yang dijejalkan ke dalam Kopaja tersebut juga diharapkan mampu memberi rasa aman.

Seperti dikutip dari harian Republika, Ketua Umum Kopaja Nanang Basuki mengatakan, Kopaja modern tersebut juga dilengkapi dengan sistem dual control dan tripod barrier atau pintu masuk otomatis. Sistem dual kontrol memungkinkan bus tersebut untuk dimatikan dari pusat kontrol jika sewaktu-waktu melanggar batas kecepatan atau keluar dari jalur. Sedangkan tripod barrier memberi rasa aman karena pintu Kopaja tidak bisa dibuka-tutup sembarangan.

Biaya yang dikenakan selama uji coba trayek adalah Rp 5 ribu. Selepas masa uji coba, akan dinaikkan menjadi Rp 7 ribu. Sayang, belum diketahui berapa lama masa uji coba trayek akan berlangsung Namun, sepertinya harga Rp 7 ribu cukup layak jika dibandingkan dengan fasilitas yang tersedia. Setuju?

Comment di sini