Rating Turun, Trans TV Akan PHK Karyawan

by
July 5th, 2012 at 3:31 pm

Kabar mengejutkan datang dari stasiun televisi swasta Trans TV. Kabar yang beredar melalui Twitter, televisi yang dinaungi oleh Trans Corp tersebut akan melakukan PHK kepada 25 karyawannya. Lalu kenapa Trans TV mulai mengurangi karyawan?

Pihak Trans TV menyatakan melakukan tindakan PHK karena rating mereka di pertelevisian Indonesia mengalami penurunan. Selain itu, PHK juga akan diterima karyawan yang tidak punya kinerja yang bagus.

Rating memang menjadi salah satu alasan kami dalam melakukan jumlah pemangkasan tenaga kerja,” kata Marketing Public Relation Departement Head Trans TV, Ahmad Hadiansyah Lubis, seperti dikutip dari Tempo, Kamis (5/7/2012).

Namun, Ahmad enggan menjelaskan posisi rating Trans TV saat ini. Dia hanya mengatakan bahwa rating Trans TV masih berada di lima besar. Selain soal rating, pihaknya juga kerap melakukan evaluasi tahunan terhadap kinerja karyawannya.

Lebih lanjut, Ahmad menjelaskan, mereka yang kinerjanya dinilai kurang akan mendapat sanksi berupa renegosiasi kontrak. Ia juga membantah adanya ekspansi bisnis oleh Chairul Tanjung selaku pemilik Trans Corp.

“Semuanya murni berkaitan dengan kinerja perusahaan saja,” jelas Ahmad.

Sementara itu, mengenai nasib dari 25 karyawan yang dikabarkan telah dipecat, Ahmad menjelaskan pihaknya sedang melakukan negosiasi kontrak. Pasalnya, ke-25 karyawan itu tengah ditawari kontrak baru dalam waktu tertentu. Namun, hingga saat ini karyawan tersebut belum memberikan jawabannya.

Menurut kabar yang beredar di Twitter, Trans TV memang tengah melakukan pemangkasan jumlah karyawan. Tidak hanya dari divisi pemberitaan saja, pasalnya semua divisi akan mendapat giliran PHK secara bertahap.

“Fakta: Phk mulai dr level staf, assprod, producer, sampai ep. Akan ada phk lanjutan di divisi lain. Tidak ada yg aman, siapkan diri anda,” tulis akun @hadizulkifli, Selasa (3/7/2012).

Benarkah, akan terjadi PHK gelombang kedua di Trans TV?

Comment di sini