5 Manfaat Minum Kopi Setiap Hari

by
July 6th, 2012 at 1:41 pm

Jika sebagian besar orang mengatakan kalau minum kopi setiap hari itu tidak baik bagi kesehatan, para ilmuwan berani membuktikan bahwa ada manfaat dari minum kopi setiap hari.

Memang, kandungan kafein di dalam kopi bisa meningkatkan kecemasan dan kegelisahan. Selain itu, kafein juga bisa menyebabkan hilangnya rasa kantuk sehingga membuat peminum kopi dalam jumlah banyak mengalami insomnia.

Kopi memang akan menyebabkan hal buruk jika diminum berlebihan, tapi bukan berarti kopinya yang tidak bisa memberikan manfaat yang baik, hanya cara manusia meminumnya saja yang salah.

Jika Anda meminum kopi dalam takaran yang pas setiap harinya, maka kelima manfaat di bawah ini dapat Anda rasakan.

1. Pencegah kanker

Kopi memiliki banyak kandungan kimia, salah satunya adalah antioksidan yang mampu melawan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh setiap orang. Zat-zat kimia dalam kopi ini mampu melindungi jaringan sel pada tubuh kita dari sel kanker dengan meningkatkan perbaikan jaringan DNA manusia tersebut. Beberapa sel kanker yang sudah terbukti dapat dicegah dengan minum kopi di antaranya adalah kanker usus besar, kanker mulut, dan kanker tenggorokan.

2. Mengurangi depresi

Penelitian di Harvard yang dilakukan terhadap 50.000 suster di Sekolah Perawatan Amerika Serikat mendapatkan hasil yang signifikan bahwa orang yang meminum kopi setiap harinya mampu mengurangi 20% resiko meningkatnya depresi dalam dirinya. Ternyata, kandungan kafein di dalam kopi tersebut yang mencegah berkembangnya resiko depresi pada setiap orang. Jadi, tidak hanya kopi yang dapat mengurangi resiko terkena depresi, makanan atau minuman lainnya yang mengandung kafein juga dapat mengurangi resiko terkena depresi, seperti cokelat, minuman ringan dengan rasa kopi, dsb.

3. Pencegah diabetes

Penelitian yang diadakan oleh California University, Amerika Serikat menyatakan bahwa wanita yang minum kopi setiap harinya akan terhindar dari penyakit diabetes tipe 2. Mengapa hal ini bisa terjadi? Rupanya kopi itu mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga tubuh dapat menyeimbangkan kadar glukosa dan insulin di dalam darah. Jadi, kadar gula darah Anda tidak akan naik ataupun turun secara tiba-tiba.

4. Pencegah demensia

Demensia adalah penyakit menurunnya fungsi dan kinerja otak yang di awali dengan pikun. Kopi ternyata salah satu minuman yang dapat mencegah penyakit ini. Walau, para peneliti belum mengungkapkan hal yang pasti untuk kaitannya minum kopi dengan menurunnya resiko terserang penyakit demensia ini, beberapa kelompok orang yang minum kopi setiap harinya terbukti mampu mengurangi resiko demensia.

5. Pencegah parkinson (pada pria)

Khusus bagi pria yang gemar minum kopi, mereka akan terhindar dari penyakit saraf, parkinson. Kopi terbukti dapat mengurangi resiko pria terkena parkinson hingga 25%.

Itulah manfaat minum kopi dalam kadar yang pas setiap harinya. Peneliti mengatakan bahwa minum kopi yang baik adalah maksimal 5 cangkir setiap harinya. Ingatlah, bahwa semua yang berlebihan tidak akan berakibat baik.

Caring

Comment di sini