CiriCara: Cara Lengkap Hindari “Kiamat Internet” 9 Juli

by
July 6th, 2012 at 4:04 pm

Biro Investigasi Amerika Serikat (FBI) menyebutkan bahwa pada 9 Juli nanti, lebih dari satu juta komputer di dunia akan mengalami ‘kiamat internet’. Pada tanggal tersebut, setiap perangkat komputer yang terinfeksi virus DNS Changer tidak akan bisa mengakses internet.

Sangat wajar jika Anda merasa khawatir akan keberadaan virus ini. Namun, selain memberi peringatan, FBI juga telah menginformasikan cara untuk mengetahui apakah perangkat kompter anda terjangkit virus DNS-Changer atau tidak.

Cara pertama, Anda cukup mengunjungi situs pengecekan DNS ini.

Pada situs yang dibuat oleh FBI tersebut, komputer Anda akan diperiksa apakah terjangkit DNS-Changer atau belum. Jika komputer Anda bersih, maka akan muncul gambar seperti di bawah ini di layar monitor.

 

Jika gambar yang muncul berlatar belakang warna merah, itu tandanya perangkat komputer tersebut sudah terjangkit DNS-Changer. Maka disarankan untuk mengunjungi situs DNS Changer Working Group (DCWG) di SINI untuk mendapatakan instruksi lebih lanjut mengenai cara mengatasinya.

DCWG sendiri merupakan sebuah lembaga ad hoc yang dibentuk atas perintah pengadilan dan berisi para ahli seperti Georgia Tech, Internet Systems Consortium, National Cyber-Forensics and Training Alliance, dan lain-lain. Untuk rincian mengenai DCWG, kunjungi tautan INI.

Jika Anda merasa ragu dengan hasil analisa situs-situs yang disediakan FBI, Anda bisa mengecek DNS secara manual. Pertama-tama, Anda harus mengetahui DNS yang sekarang digunakan. Untuk mengetahuinya, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Command Prompt

Klik Start >> Run >> lalu ketik cmd atau tekan Windows key + R

2. Ketik ipconfig /all di Command Prompt lalu tekan ‘Enter’

Perhatikan setiap baris yang muncul, cari baris yang menunjukkan DNS Server. Jika data DNS Server menunjukkan seperti gambar di bawah ini, berarti komputer anda menggunakan banyak server DNS dan terjangkit virus DNS-Changer.

Anda juga bisa mengecek apakah DNS server yang sedang digunakan aman atau tidak dengan mengunjungi situs resmi FBI dan memasukkan DNS Server yang anda gunakan ke kotak kecil di atas tulisan “Check Your DNS” lalu klik tulisan “Check Your DNS”  seperti tertera di gambar berikut.

 

Untuk lebih lengkapnya, anda juga bisa menngunduh tutorial singkat dengan format PDF yang diterbitkan oleh FBI di situs resmi FBI. Semoga berhasil.

Comment di sini