CiriCara: 10 Cara Modern Agar Berumur Panjang

by
July 6th, 2012 at 4:20 pm

Semua orang pasti mendambakan untuk bisa berumur panjang. Alasannya, karena masih ingin menikmati hidup. Namun sekarang ini malah banyak ditemui orang yang mengakhiri hidupnya di usia dini, padahal orang yang sakit-sakitan mengharapkan umur panjang. Kejadian yang ironis, bukan?

Sejak zaman dahulu kala, manusia yang pernah hidup di Bumi mengharapkan umur panjang. Konon katanya, nenek moyang kita suka membuat ramun dari bahan alami, atau mengonsumsi hewan-hewan yang tak lazim dikonsumsi seperti ulat bulu, lebah, dan lain-lain agar berumur panjang. Tapi cara semacam itu memang terbukti ampuh karena nenek moyang kita bisa hidup sampai berumur ratusan tahun, bukan?

Akan tetapi, di zaman yang sudah modern ini, bagi kamu yang ingin memiliki umur panjang, berikut ini ada beberapa cara sederhana, untuk dipraktikkan agar memperoleh umur panjang.

1. Pelajari bahasa asing

Kunci utama agar berumur panjang adalah fungsi otak. Jika fungsi otak seseorang menurun dan sel-sel di dalam otaknya mengalami penuan dini, maka fisik orang tersebut akan cepat menjadi tua dan akhirnya meninggal lebih cepat.

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya penuaan sel otak kamu yang akan berujung pada penyakit tua yaitu pikun maka harus dilakukan aktivitas otak. Beberapa penelitian menemukan bahwa mempelajari 2 atau lebih bahasa asing dan sering mengguanakannya akan mencegah kerusakan otak.

Seringnya berbicara dalam 2 atau lebih bahasa asing membuat otak manusia terus bekerja dan membentuk cadangan sel yang lebih banyak lagi, jadi sel-sel yang rusak pun segera tergantikan.

2. Bekerja keras

Banyak orang yang menganggap bahwa keseriusan dan stres akan berdampak pada penuaan yang lebih cepat terjadi dan orang akan cepat meninggal karenanya. Namun, hal ini bisa dibantah dengan penelitian yang dilakukan pada 1921 terhadap 1500 anak-anak pada tahun itu. Ketika mereka beranjak dewasa, sebagian dari anak-anak yang memiliki selera humor yang bagus, selalu tertawa dan gemar untuk melakukan guyonan, malah memiliki umur pendek. Sedangkan sebagian dari mereka sangat serius bekerja dan menjadi pekerja keras, malah hidup lebih lama.

Jadi, ada baiknya tidak terlalu serius dan tidak terlalu banyak bercanda. Semua ada porsi waktunya masing-masing. Untuk umur panjang, maka kamu harus pintar-pintar memadukan keduanya.

3. Merasa kelaparan

Asumsinya adalah dengan menjaga tubuh terus kelaparan berarti orang tidak memasukkan makanan apapun ke dalam perutnya, dengan demikian tidak akan ada kalori berlebih di dalam tubuh orang tersebut. Selain itu, tubuh juga tidak tercemar dengan zat-zat berbahaya yang mungkin akan menyebabkan sakit-penyakit pada tubuh yang akhirnya akan membawa orang tersebut kepada kematian.

Penelitian yang dilakukan kepada kelompok sosial CR menerapkan sistem diet mengurangi asupan kalori, dan hasilnya orang-orang tersebut memperoleh efek anti penuaan karena gula darah yang stabil dan terhindarnya dari serangan tekanan darah tinggi.

Awalnya, penelitian ini dilakukan pada tikus dan berhasil, setelah dilakukan pada manusia, hasilnya pun positif. Jadi, tertarikkah kamu mencoba langkah yang ketiga ini?

4. Memiliki banyak harta

Jika kamu ingin berumur panjang, maka kamu harus mulai berhemat dari sekarang. Bekerja keras saat usia produktif tidak ada salahnya seperti yang sudah dijelaskan pada langkah yang ke-2. Berhentilah menganut konsumerisme, tapi tabunglah uang kamu untuk masa tuamu. Hidup bahagia dengan kekayaan dan panjang umur sangat berkaitan satu dengan yang lainnya. Jika kamu ingin panjang umur dan hidup bahagia, kamu harus menjadi kaya dan memiliki banyak harta simpanan.

5. Tinggal di daerah pegunungan

Cara ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi telinga kita. Beberapa penelitian pun juga sudah membuktikan bahwa orang-orang yang tinggal di pelosok pegunungan pasti lebih awet muda dan mampu bertahan hidup lebih lama dibandingkan orang yang tinggal di kota metropolitan seperti Jakarta ini.

Penyebabnya adalah paru-paru orang tersebut mendapatkan pasokan udara yang benar-benar segar dan bersih. Oksigen di daerah pegunungan belum tercampur dengan zat-zat racun seperti karbonmonoksida dan karbondioksida sehingga kerja paru-paru pun tidak seberat penduduk kota saat menyaring udara yang dihirup setiap harinya.

6. Selalu melakukan kebaikan

Untuk menolong dirisendiri, maka kamu harus menolong orang lain terlebih dahulu karena kita adalah makhluk sosial. Jadi, berhentilah menjadi egois dan selalu mementingkan dirimu sendiri. Dengan berbuat baik, kamu akan memiliki banyak teman dan disukai oleh orang banyak sehingga kamu tidak akan pernah merasa kesepian atau sendirian. Hal ini baik untuk mendukung kesehatan psikis kamu yang ujungnya akan mempengaruhi usiamu.

7. Miliki satu kepercayaan/agama

Sebuah penelitian menyatakan kalau kematian lebih cepat menimpa orang-orang yang tidak memiliki agama. Memang ada hubungan antara hidup beragama dan kesehatan. Jika seseorang memiliki agama, maka orang tersebut memiliki pedoman jiwa yang akan menjaga keseimbangan jiwanya sehingga kesehatan fisiknya pun tetap baik dan terhindar dari kematian dini.

8. Minum obat anti penuaan

Katanya kalau terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan akan membuat seseorang cepat meninggal. Tapi, sebuah penelitian yang dilakukan terhadap tikus, nyatanya membuat binatang tersebut memiliki pertambahan masa hidup. Jadi tidak ada salahnya jika kamu meminum obat-obat anti penuaan, asalkan kamu juga mengonsumsi air putih yang banyak agar ginjal terhindar dari kerusakan.

9. Melakukan terapi gen

Penelitian tentang terapi gen ini baru dilakukan terhadap tikus. Sebuah badan Penelitian Kanker Nasional Spanyol melakukan terapi gen terhadap beberapa tikus dewasa dan juga embrio tikus, hasilnya tikus-tikus tersebut dapat hidup lebih panjang. Tapi hal ini masih dirasa kurang etis jika dilakukan pada manusia.

10. Membuat bagian tubuh yang baru

Karena kecenderungan manusia meninggal akibat salah satu organ tubuhnya mengalami kerusakan sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik lagi, maka mengembangkan organ buatan dipercaya dapat mengatasi meninggal pada usia dini. Dengan kata lain, jika ada organ tubuh yang rusak, kamu tinggal menggantinya dengan organ buatan yang sudah kamu kembangkan terlebih dahulu.

Namun, cara yang kesepuluh ini masih terasa janggal untuk dilakukan karena tidak mungkin kita melakukan ini pada otak yang menyimpan semua memori dan kontrol terhadap tubuh ini.

Itulah kesepuluh cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan umur panjang. Mungkin dari kesepuluh cara tersebut ada yang cocok untuk kamu jalani. Selamat mencoba!

List Verse

Comment di sini