CiriCara: 8 Cara Sukses Dalam Berkarier

by
July 6th, 2012 at 4:26 pm

Semua orang ingin merasakan karier yang terus meningkat di dalam pekerjaannya. Para pengusaha atau atasan kalian mungkin dulunya adalah orang-orang yang tidak dengan mudah mendapatkan jabatan yang mereka pegang saat ini. Kalian bisa belajar banyak dari mereka.

Bagi kamu yang menganggap karier nomor satu, berikut ini ada beberapa langkah yang dapat kamu praktikkan untuk meningkatkan kariermu saat ini.

1. Menjaga penampilan

Ini adalah hal yang paling mendasar. Jika kamu ingin dipercaya oleh atasanmu untuk jabatan yang lebih baik lagi, maka kamu juga harus memperhatikan penampilanmu terlebih dahulu. Dengan selalu berpenampilan rapi, baik, dan meyakinkan, niscaya atasanmu yakin untuk mempercayakan tanggung jawab yang lebih besar.

2. Dapatkan perhatian atasan

Jangan salah mengartikan untuk langkah yang kedua ini. Mendapatkan perhatian bukan berarti kamu harus mencari perhatian atasan kamu sampai berlebihan, nanti mereka malah sebal dengan kamu. Cara untuk mendapatkan perhatian atasan adalah dengan menunjukan prestasi baik setiap kali kamu dipercayakan untuk menjalankan suatu proyek.

Tunjukan kinerja yang tidak berpusat pada reward atau bonus yang dijanjikan saja, tapi fokuslah pada target yang diberikan. Dengan begitu, atasanmu pasti percaya bahwa kamu adalah karyawan yang memiliki integritas tinggi.

3. Berpikiran maju

Jika kamu ingin jenjang karier yang lebih tinggi, pikiranmu juga harus disesuaikan. Mulailah untuk berpikir lebih maju dibanding rekan-rekan sekerjamu. Dalam hal ini, kamu juga dituntut untuk punya inisiatif dan ide-ide kreatif, sehingga kamu dapat membantu mengembangkan proyek perusahaan dengan ide cemerlangmu. Nantinya hal itu akan menjadi nilai tambah di mata atasanmu.

4. Tidak malu bertanya

Pepatah yang sudah sering kita dengar adalah “malu bertanya, sesat di jalan”. Dalam karier, pepatah ini pun juga berlaku. Jika kamu tidak pernah mau tahu seluk beluk perusahaan tempatmu bekerja, kamu tidak akan bisa mempelajari kondisi perusahaan tersebut. Tidak ada salahnya bertanya pada atasan ataupun teman-teman yang lebih senior. Karena informasi tersebut akan sangat membantu kamu untuk mengerjakan tanggung jawab yang dipercayakan sekarang ini atau proyek-proyek lainnya.

5. Hilangkan mental pegawai

Kamu disebut hanya memiliki mental pegawai, jika kamu lebih memilih terus dalam zona nyamanmu, hanya dengan melakukan semua apa yang diperintahkan. Jika kamu hanya bisa datang dan kerja seharian di kantor tanpa menyumbangkan ide, atau memberi terobosan, maka jangan harap kalau kariermu akan naik dengan cepat.

Orang yang siap berkompetisi di dunia karier adalah mereka yang tidak melulu mengikuti apa kata atasan, tapi membantu dengan menyumbang ide-ide demi kemajuan perusahaan. Entah ide itu dinilai bagus atau buruk oleh atasan, tapi setidaknya kamu sudah angkat bicara dan itu bisa menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian atasan.

6. Periksa ulang kerjaanmu

Kalau kamu masih karyawan baru, tidak masalah melakukan 1 atau 2 kesalahan. Tapi, jika kamu sudah bertahun-tahun menjabat di posisi itu dan masih sering melakukan kesalahan yang seharusnya sudah kamu ketahui, tidak heran kalau kamu tidak dipromosikan atasanmu untuk naik jabatan. Pasti ada yang salah dengan cara kerjamu.

Oleh karena itu, biasakan untuk memeriksa ulang pekerjaan yang sudah kamu selesaikan sebelum atasanmu memeriksanya. Jangan sampai atasanmu sering menemukan kesalahan dalam tanggung jawabmu, dan akhirnya mereka menganggap kamu ceroboh dan lalai.

7. Pengendalian diri

Tidak perlu pusing dengan lingkungan kantor yang tidak mendukung misalnya saja banyak orang yang melakukan “politik” kerja, atau banyak yang sirik dengan karyawan berprestasi. Yang perlu kamu lakukan adalah fokus pada dirimu sendiri. Jika memang tujuanmu adalah berkembang bersama perusahaan dan mendapatkan karier yang bagus, maka pergunakanlah waktumu untuk terus meningkatkan kinerjamu.

8. Pantang menyerah

Tanamkan dalam dirimu mental untuk berkompetisi, yaitu pantang menyerah. Jadi, kamu tidak perlu takut atau ragu untuk bersaing dan gagal. Kegagalan adalah langkah awal yang akan membawamu kepada prestasi yang gemilang. Namun, hal itu akan menjadi kenyataan hanya jika, kamu gunakan kegagalan itu sebagai pijakan untuk melompat lebih tinggi lagi.

Jangan sebaliknya, kamu malah terpuruk karena kegagalan itu terus kamu bawa ke mana-mana sebagai beban bagi batinmu. Seseorang yang sudah berhasil menjadi pengusaha sukses ataupun berada pada jabatan tertinggi di perusahaanmu adalah mereka yang sering gagal tapi terus mencoba lagi.

Itulah 8 kunci utama bagi kamu yang mendambakan karier yang terus menanjak di tempat kamu bekerja saat ini atau sampai kapan pun kedelapan cara ini masih dapat kamu praktikkan. Semoga sukses selalu!