CiriCara: Cara Agar Anak Mau Tidur Siang

by
July 6th, 2012 at 5:00 pm

Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak lebih banyak membutuhkan jam tidur. Tidur yang cukup akan membantu anak tampak segar dan tidak mudah lelah saat beraktifitas. Itulah sebabnya anak masih butuh waktu tidur di siang hari.

Pertumbuhan anak terjadi pada saat tidur, itulah sebabnya tidur menjadi faktor yang penting untuk anak. Namun, menyuruh anak untuk tidur siang bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika anak sedang asik bermain dengan temannya. Ini pasti akan sulit.

Berikut cara agar anak mau tidur siang:

1. Waktu yang tepat

Kenali secara tepat kapan waktu anak Anda merasa lelah dan terlihat mengantuk. Saat tanda-tanda itu terlihat cepatlah suruh anak untuk tidur dan bereskan semua mainannya. Dengan begini anak Anda akan pergi tidur.

2. Biarkan anak bermain

Anak akan merasa mengantuk setelah dia banyak bergerak dan bermain. Anda bisa menggunakan cara ini agar anak mau tidur siang. Sebelum jam tidur, biarkan anak bermain sepuasnya. Sehingga pada jam siang, anak sudah bosan bermain, merasa lelah dan kemudian siap untuk tidur.

3. Hindari cahaya matahari masuk

Agar si kecil mau tidur, ada baiknya tutup sebagian jendela kamar Anda menggunakan tirai yang sedikit menerawang. Kebanyakan anak akan mudah tertidur di kondisi ruangan yang tidak terlalu terang. Bisa gunakan tirai jendela untuk menghalau cahaya matahari masuk ke kamar.

4. Tidur bersama

Anak-anak akan mudah tertidur saat tidak ada yang mengajaknya main. Itulah sebabnya saat waktunya tidur, kemasi mainannya dan ajak anak tidur bersama. Kebanyakan anak akan tidur ketika ibunya juga tidur. Jika masih ada pekerjaan lain, Anda bisa pura-pura tidur dan bangun lagi saat anak sudah tidur lelap.

5. Ciptakan suasana tenang

Agar anak mau tidur di siang hari, maka buatlah dia mengantuk. Caranya, ciptakanlah suasana yang tenang dan hening. Ini akan membuat anak mengantuk dan akhirnya tidur siang. Tetap jaga ketenangan, agar tidur anak tidak terganggu.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengajak anak tidur siang. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Comment di sini