CiriCara: Cara Membuat Lem dari Nasi

by
July 6th, 2012 at 3:28 pm

Wiki How

Tahukah kamu nasi bisa dilah menjadi bahan dasar pembuatan lem? Selain bahan kanji atau sagu, lem dengan bahan dasar nasi dinilai memiliki daya rekat yang lebih kuat daripada lem yang biasa dijual di toko-toko. Selain itu, lem ini akan menjadi transparan ketika sudah mengering.

Biasanya, orang Jepang menggunakan lem nasi ini untuk membuat kerajinan tangan dari kertas agar hasilnya terlihat lebih bagus.

Yuk! Belajar cara membuat lem dari nasi ini. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot lagi membeli lem ke toko.

Pertama-tama, kamu harus mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dulu. Lem ini hanya memerlukan dua bahan sederhana yang pasti mudah didapat, yaitu 2 mangkuk kecil beras yang mampu menghasilkan nasi pulen dan 6 gelas air.

Perhatikanlah langkah-langkah membuat lem nasi di bawah ini.

1. Gabungkan semua bahan tadi ke dalam panci, lalu masak di atas api dengan suhu maksimum. Biarkan sampai mendidih dan volume air mulai berkurang.

2. Ketika air mulai berkurang, kecilkan api kompor sambil mengaduk-aduk beras yang sudah hampir menjadi nasi tersebut.

3. Perhatikan kekentalan dari nasi tersebut. Jika beras yang dimasak belum menyatu seperti bubur, berarti kamu harus menambahkan air ke dalamnya, kemudian besarkan lagi api kompornya.

4. Jika kekentalan nasi tersebut sudah pas dan terlihat merekat seperti bubur, angkatlah panci dari atas kompor.

5. Jangan tunggu sampai terlalu dingin. Segeralah saring nasi tersebut dengan saringan. Kamu juga dapat menggunakan blender. Hal ini bertujuan untuk membuat nasi tersebut menjadi halus dan tidak ada lagi butiran besar yang tersisa.

6. Ketika sudah selesai menyaringnya, masukkan lem tersebut ke dalam toples dan dinginkan di lemari pendingin.

Itulah keenam langkah dalam membuat lem nasi. Mudah, bukan? Kamu bisa mencobanya sendiri di rumah. Semoga cara membuat lem nasi ini berguna bagi kamu.

Wiki How

Comment di sini