CiriCara: Cara Mengatur Uang THR

by
July 6th, 2012 at 3:21 pm

Tunjangan hari raya biasa didapatkan setahun sekali di luar gaji. Uang ini biasa diberikan sebelum hari raya. Memiliki uang lebih saat hari raya memang bagus karena saat istimewa seperti ini biasanya pengeluaran akan meningkat.

Pengelolaan yang baik akan membuat THR dan gaji jadi lebih bermanfaat. Jangan asal belanja ketika ada uang lebih. Pastikan kamu mengelolanya dengan tepat karena pengeluaran yang tidak terduga malah akan membuat semua uangmu terpakai di waktu istimewa ini.

Simak cara mengelola uang THR berikut ini:

1. Zakat

Bagi umat muslim, berzakat adalah wajib jadi jangan lupa menyisihkan 2,5% dari THR dan gaji. Pengeluaran wajib ini hanya ada setahun sekali.

2. Bayar tagihan

Bila di rumah mempunyai pembantu, sopir atau pekerja lain, segera berikan jatah THR dan gaji mereka. Jangan lupa tagihan lain seperti utang. Apabila hendak membayar utang, dahulukan tagihan kartu kredit atau simpan pinjam karena bunganya yang tinggi.

3. Pos belanja

Setelah semua kewajiban dilakukan, yang tersisa adalah pos belanja. Sisihkan sebagian uang untuk Idul Fitri atau Natal bagi yang merayakan. Jangan semua dihabiskan untuk berbelanja atau liburan.

Untuk mempermudah kontrol keuangan, yang perlu dilakukan adalah pencatatan. Catat semua pengeluaran secara detail.

- Ongkos membeli oleh-oleh, makanan, biaya mudik, pakaian baru dan lain sebagainya harus dicatat sehingga terlihat manakah yang menghabiskan banyak uang.

- Saat lebaran banyak yang menawarkan diskon. Sebaiknya tahan diri karena belum tentu barang yang dibeli termasuk kebutuhan bukan keinginan. Tanyakan pada diri sendiri apakah barang itu sangat dibutuhkan?

- Biaya mudik harus dianggarkan di awal dan masuk dalam perencanaan. Biaya mudik biasanya mahal karena mencakup biaya transportasi, oleh-oleh dan biaya selama berada di kampung.

- Sembunyikan kartu kredit. Bila tidak ingin lebaran berakhir dengan utang, jangan sekali-sekali tergoda menggunakan kartu kredit untuk menambah pemasukan. Lebih baik mengerem belanja barang yang tidak perlu daripada harus berhutang karena bunganya sangat tinggi.

THR adalah uang yang digunakan menutup pengeluaran di hari raya. Jangan sampai menggunakan gaji untuk hal seperti ini karena bisa-bisa sepulangnya dari kampung halaman, tidak ada uang sepeserpun di dompet. Gaji digunakan untuk kehidupan sehari-hari sedangkan THR memang hanya untuk hari raya. Pisahkan dua hal ini sehingga setelah hari raya, keuangan tetap aman.

Comment di sini