CiriCara: Ciri-ciri Terkena Serangan Stroke

by
July 6th, 2012 at 2:24 pm

Menurut Asosiasi Jantung Amerika, stroke menyerang orang setiap 45 detik. Metode untuk merawat penderita stroke ada bermacam-macam, obat untuk penCegahan pun mudah didapat.  Tetapi bagaimana bila kita tidak sadar bahwa stroke telah secara perlahan-lahan menggerogoti tubuh? dan memuncak ketika kita sedang tidak siap?

Oleh karena itu, memahami dan menyadari apa saja gejala stroke akan membantu memberikan penangan yang tepat. Perhatikan ciri-ciri stroke berikut ini:

1. Matirasa di beberapa bagian

Penderita stroke biasanya merasa matirasa di bagian kaki, lengan atau wajahnya. Ia akan merasa kesulitan untuk bergerak atau mengontrol jari-jarinya. Ketika kamu bertemu dengan saat seperti itu, mintalah ia untuk tersenyum. Bila sebagian wajahnya tidak bergerak, ini berarti ia mengalami stroke.

2. Kesulitan memahami, berbicara, dan bingung

Bahasa menjadi salah satu tanda bahwa seseorang terkena stroke. Ketika kata yang ia ucapkan tak jelas dan ia pun tak mengerti kata-katamu, minta ia untuk mengulang kalimat yang kamu ucapkan. Apabila ia kesulitan, ini tanda ia terserang stroke.

3. Gangguan penglihatan

Tanda lain yang biasanya muncul adalah gangguan penglihatan. Mereka yang terkena stroke biasanya tidak bisa melihat jelas hanya dengan satu mata saja. Bisa juga kesulitan melihat ke kanan dan kiri. Ia mungkin akan mengeluh mengenai pandangannya yang buram.

4. Kesulitan berjalan, pusing dan hilangnya koordinasi

Seseorang yang terserang stroke biasanya berjalan limbung, seperti orang yang keracunan atau tertatih-tatih. Orang yang tiba-tiba tidak bisa menulis menggunakan pensil atau bolpen atau apapun juga merupakan tanda serangan stroke.

5. Sakit kepala berat

Sakit kepala hebat yang tiba-tiba muncul tanpa sebab bisa menjadi gejala stroke walau tidak seluruhnya benar. Apabila sakit kepala dibarengi dengan kaku leher, sakit di bagian wajah, dan muntah ini bisa disebabkan oleh intracranial hemorrhage yang juga disebut dengan stroke merah.

Gejala stroke seperti di atas tidak boleh dibiarkan begitu saja karena perawatan yang cepat dan tepat dapat membantu meringankan efek yang muncul. Segeralah mencari bantuan atau bawa ke rumah sakit terdekat agar segera diberi obat dan penanganan dari dokter.