Fisikawan Indonesia Ikut Dalam Pencarian “Partikel Tuhan”

by
July 6th, 2012 at 8:55 am

Luar biasa! Di balik pencarian “Partikel Tuhan” yang dilakukan di Amerika Serikat, ternyata ada orang Indonesia yang berpartisipasi di dalamnya. Bangsa kita tidak hanya memiliki jawara-jawara Olimpiade Fisika, tapi kita juga memiliki seorang ilmuwan yang hebat.

Ilmuwan hebat itu adalah Suharyo Sumowidagdo. Seorang fisikawan lulusan Universitas Indonesia (UI) tahun 1999, dia mendapat gelar master 2 tahun berikutnya dan diikuti dengan peraihan gelar doktoralnya dari universitas yang sama. Kemudian dia memutuskan untuk melanjutkan studinya di Amerika Serikat dan berhasil meraih gelar doktor dari Departemen Fisika di Florida, Amerika Serikat.

Karena semua pengalaman dan ilmu yang dia miliki, Suharyo menjadi satu-satunya ilmuwan asal Indonesia yang berhasil bergabung dengan laboratorium ternama di negeri Paman Sam ini, yaitu Fermilab dan CERN.

Dulu dia sempat bekerja di University of California, Riverside, sebagai seorang staf peneliti dan dipercaya untuk bergabung dengan para fisikawan hebat dalam penelitian untuk mencari “Partikel Tuhan” di CERN.

Ketika para ilmuwan CERN menyatakan bahwa mereka telah berhasil menemukan Higgs Boson (nama lain dari partikel tuhan) itu dengan disertai bukti yang lebih jelas lagi, maka nama Suharyo Sumowidagdo telah berhasil mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional.

Semoga bangsa kita ini dapat mengembangkan orang-orang berbakat seperti Suharyo, agar nama bangsa ini kembali dikenal di kancah internasional.

Comment di sini