Hati-hati, Koin Rp 500 Juga Ada yang Palsu!

by
July 6th, 2012 at 11:48 am

Sorang kakek berusia 60 tahun ditangkap karena kedapatan memproduksi uang palsu. Jika biasanya uang palsu ditemukan dengan nominal yang besar, kakek berinisial TS ini ‘cuma’ mencetak uang palsu pecahan Rp 500 berbentuk koin.

Kakek yang bekerja sebagai tukang bubut sejak tahun 2010 tersebut ditangkap oleh Subdit II Direktorat Resere Kriminal Polda Jawa Barat. Ia juga disinyalir telah menjual alat pencetak uang logam sejak 2010. Untuk itu Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Martinus Sitompul menghimbau agar masyarakat lebih teliti ketika menerima koin pecahan Rp 500 berwarna putih yang bergambar melati.

Jika dilihat sekilas, maka tidak ada perbedaan antara koin yang diproduksi TS dengan koin buatan Bank Indonesia. Namun, jika dilihat sedikit lebih teliti, maka akan tampak perbedannya. Perbedaan yang mencolok terdapat pada gambar garuda yang tidak memiliki tulisan ‘Bhineka Tunggal Ika’ dan tekstur melati juga kasar. Ciri lainnya adalah gerigi yang terdapat di sisi samping koin terasa lebih kasar.

Memang nominal yang dicetak kakek TS ini kecil, hanya RP 500 rupiah. Namun, ia mengaku bahwa dalam waktu satu hari, ia mampu memproduksi 1000 sampai 1500 keping uang palsu.

“Kalau tersangka dalam sehari, bisa memproduksi 1000-1500 koin, namun itu baru dilakukan seminggu yang lalu karena keburu ditangkap,” ujarnya seperti dikutip dari merdeka.com.

Tapi, sebelum tertangkap ternyata TS juga sempat menjual mesin pencetak uang palsu. Karena itu, kini polisi tengah mengembangkan kasus tersebut. Orang yang membeli mesin cetak dari TS telah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Comment di sini