Inilah Cara Kerja DNS-Changer Penyebab “Kiamat Internet”

by
July 6th, 2012 at 4:50 pm

DNS-Changer belakangan ini menjadi begitu terkenal. Pemicunya adalah Biro Investigasi Amerika Serikat (FBI) yang menyatakan bahwa akan ada “kiamat internet” pada 9 Juli 2012 dan DNS-Changer merupakan penyebab utamanya. Padahal, DNS-Changer pertama kali ditemukan sejak 5 tahun silam.

Kita sudah mengetahui bahwa DNS-Changer adalah virus yang jahat. Lalu, bagaimana cara mereka menciptakan “kiamat internet”? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus mengerti apa itu DNS.

Domain Name System (DNS) merupakan sebuah layanan Internet yang merubah sebuah ‘nama/alamat situs’ yang mudah diingat menjadi Internet Protocol (IP) berbentuk angka-angka yang dimengerti komputer agar dapat saling berkomunikasi satu sama lain melalui internet.

Misal, saat Anda memasukkan alamat www.ciricara.com di browser, maka komputer akan mengontak DNS Server untuk menentukan IP dari website CiriCara. Setelah komputer mengetahui IP CiriCara, barulah terjadi komunikasi antara server CiriCara dengan komputer Anda.

DNS Server dioperasikan oleh Internet Service Provider (ISP) dan merupakan bagian dari konfigurasi jaringan komputer. DNS dan DNS Server merupakan komponen penting untuk komputer kita beroperasi. Tanpa DNS dan DNS Server tersebut, kita tidak akan bisa mengakses situs-situs favorit kita atau mengirim email. Intinya, kita tidak akan bisa menggunakan layanan internet.

Para penjahat tahu persis bahwa jika mereka bisa mengendalikan DNS Server yang kita gunakan, maka mereka bisa mengarahkan ke situs mana kita menuju. Karena itu, mereka menciptakan DNS-Changer. Seperti namanya, virus ini akan mengubah pengaturan di perangkat yang terjangkit. Mereka akan mengganti DNS Server yang biasa kita gunakan menjadi DNS Server Tipuan yang telah mereka ciptakan dan operasikan.

Selain menyerang komputer pribadi anda, DNS-Changer juga akan mencoba untuk mengakses kompter lain yang ada dalam jaringan small office/home office (SOHO) yang menggunakan server Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP), misalnya Router atau gateway. Jika berhasil, virus jahat tersebut juga akan mengubah pengaturan DNS Server semua komputer yang terhubung dalam jaringan di kantor atau rumah.

FBI mengklaim bahwa mereka telah menemukan sebuah jaringan berisi banyak DNS-Server Tipuan dan telah mengambil langkah untuk menghentikannya 9 Juli nanti. karena itu, semua komputer yang telah terjangkit DNS-Changer–yang selama ini mengakses DNS-Server Tipuan– akan mengalami “kiamat internet” karena DNS-Server Tipuan yang mereka biasa gunakan akan dihentikan oleh FBI.

Apakah Anda salah satu korban DNS-Changer? Untuk mengetahuinya, baca artikel Cara Lengkap Hindari “Kiamat Internet” 9 Juli.

Comment di sini