Ssst! Inilah 6 Rahasia Anak yang Jarang Sakit

by
July 6th, 2012 at 12:30 pm

Anak-anak memiliki ketahanan tubuh yang kurang bagus sehingga dapat terserang berbagai penyakit dengan mudah seperti demam, batuk, pilek, dan diare. Sebagai orang tua sudah sewajarnya bila mereka khawatir dengan kesehatan sang buah hati. Ikuti 6 cara di bawah ini agar anak tidak mudah jatuh sakit:

1. Mencuci tangan

Mencuci tangan merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah datangnya penyakit yang menyerang pencernaan dan pernapasan. Ajari mereka mencuci tangan sebelum dan sesudah makan juga setelah bepergian. Pastikan mereka menggosok tangan dengan sabun selama 15 hingga 20 detik. Gunakan nyanyian selamat ulang tahun untuk menandai lamanya durasi mencuci tangan.

2. Aktif setiap hari

Penelitian menunjukkan bahwa menjadi aktif setiap hari bisa mengurangi risiko terkena penyakit flu dan demam hingga 50 persen. Penasihat orang tua dan penulis buku Germ Proof Your Kids: the Complete Guide to Protecting (Without Overprotecting) Your Family From Infections, Harley A. Rotbart, M.D., mengatakan bahwa olahraga lebih baik daripada semua pengobatan ajaib yang ditawarkan.

3. Tidur yang cukup

Faktor lain yang ikut menentukan adalah tidur. Anak-anak membutuhkan waktu tidur yang cukup. Mereka harus tidur lebih awal karena apabila anak terlambat tidur terjadi peningkatan risiko terkena demam atau flu menjadi dua kali lebih tinggi seperti yang diungkapkan oleh Dr. Rotbart. Bayi setidaknya membutuhkan waktu tidur 14 jam sehari. Anak-anak usia pra sekolah membutuhkan waktu tidur 11 hingga 13 jam sehari.

4. Stop menyentuh wajah

Jangan biarkan anak Anda terlalu sering menyentuh wajahnya. Mencuci tangan memang bisa mengurangi risiko terkena penyakit saat menyentuh wajah namun lebih baik lagi bisa Anda berhasil membuat anak tidak terbiasa menyentuh wajahnya khususnya daerah hidung, mata, dan mulut. Jangan lupa mengajarkan anak untuk tidak berbagi sendok, sikat gigi dan sedotan atau gelas.

5. Makanan sehat dan seimbang

Makanan dengan menu yang seimbang akan menjauhkan anak Anda dari penyakit. Buatlah menu makanan yang memiliki banyak buah dan sayur aneka warna. Makanan dengan kandungan vitamin C tinggi seperti brokoli dan jeruk tambahkan dengan makanan mengandung vitamin D pada tuna, susu, dan sereal.

6. Vaksinasi lengkap

Saat anak masih bayi jangan lupa diberi vaksin sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Ini akan membantu membuat daya tahan tubuh anak jadi lebih sempurna sehingga tidak mudah terserang penyakit seperti polio, campak, dan lain sebagainya.

Menjadi orang tua yang bijak adalah kunci membuat sang buah hati selalu sehat dan ceria. Jika tidak ingin melihat anak Anda mudah jatuh sakit, jangan lupa terapkan 6 cara diatas.

Comment di sini