Ternyata Trio Macan Gunakan “Asolole” Tanpa Izin

by
July 6th, 2012 at 4:16 pm

Grup dangdut Trio Macan nampaknya akan kembali diterpa masalah perizinan. Pasalnya, yel-yel “asolole” yang sering diucapkan Trio Macan saat pentas itu belum mendapat izin. Karena sebenarnya yel-yel tersebut adalah milik Orkes Melayu, Sagita.

Vokalis Sagita, Eni Setyaningsih atau yang populer disapa Eni Sagita mengaku kecewa dengan Trio Macan yang telah mengambil begitu saja yel-yel “asolole” yang ciptakannya. Eni mengaku sangat sering mendengar yel-yel “asolole” saat Trio Macan pentas.

“Saya kecewa, mereka tidak pernah permisi pada kami untuk menggunakan yel-yel itu,” ujar Eni Sagita yang akan pentas di halaman Balai Pemuda Surabaya, seperti dikutip dari Tempo, Jumat (6/7/2012).

Eni mengaku tidak keberatan “asolole” dipakai penyanyi lain. Pasalnya, tujuan awal dia membuat yel-yel itu adalah sebagai salam perdamaian kepada para penonton. Menurutnya, “asolole” menjadi terkenal karena karirnya besama Sagita yang mulai melejit.

“Tapi, kalau Trio Macan tidak punya itikad baik, kami siap mensomasi atau membawa ke ranah hukum,” ujar Eni yang mengaku kecewa dengan Trio Macan yang main serobot tanpa izin.

Sementara itu, salah seorang personel Sagita, Yasir, menjelaskan, yel-yel “asolole” diciptakan tidak lama setelah grup Sagita berdiri pada 17 Oktober 2009. Sebenarnya yel-yel “asolole” ini diadopsi dari kesenian kuda lumping atau jaranan khas dari Nganjuk, Jawa Timur.

Awalnya yasir dkk, hanya coba-coba menggunakan yel-yel “asolole” dari kesenian jaranan. Namun, ketika dipadukan dengan jenis musik grup Sagita ternyata ada kecocokan. Jadilah yel-yel “asolole” digunakan Sagita sampai sekarang.

Mengenai kapan pastinya yel-yel “asolole” itu ditemukan, Yasir sendiri mengaku tidak bergitu tahu. Ia hanya mengetahui bahwa “asolole” sudah digunakan grup kuda lumping mulai dahulu kala.

Apakah yel-yel “asolole” akan kembali menyerang Trio Macan seperti lagu “Iwak Peyek”?

Comment di sini