Inilah 7 Bahan Makanan Untuk Kenyang Lebih Lama

by
July 7th, 2012 at 7:13 pm

Apakah kamu punya masalah dengan rasa lapar yang selalu datang mengganggu? Apakah rasa lapar itu muncul beberapa saat setelah kamu selesai menyantap makanan?

Jika kamu mengalami hal ini, maka cobalah beberapa bahan makanan di bawah ini. Bahan-bahan makanan ini dapat menahan rasa lapar, sehingga kamu bisa merasa kenyang lebih lama setelah menyantapnya.

1. Alpukat

Kalau mitos mengatakan bahwa alpukat bisa membuat tubuh menjadi gemuk, hal itu tidak sepenuhnya benar. Sebenarnya, alpukat mengandung lemak nabati yang sehat dan baik bagi tubuh. Lemak nabati dan serat yang terkandung di dalamnya tidak mudah dicerna, sehingga lambung membutuhkan waktu lama untuk mengolah buah hijau ini, dan usus akan menyerapnya lebih lama. Dengan demikian, kamu akan merasa kenyang lebih lama.

2. Almond

Kacang almond lebih dikenal sebagai produk import, ternyata memiliki kandungan serat yang banyak sehingga selain sehat, bahan makanan ini dapat menjaga kamu agar tetap kenyang. Tapi, kamu juga tidak boleh mengonsumsi almond terlalu banyak, karena kalori dari kacang almond yang tertumpuk di tubuh akan mempengaruhi penyerapan kalori, sehingga tubuh akan menjadi gemuk.

3. Air

Air yang disebut H2O ini merupakan zat cair yang paling dibutuhkan tubuh manusia karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Selain itu, air dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Buktinya saja, jika seseorang sedang makan, lalu minum air, pasti orang tersebut akan merasa kenyang. Air pun sangat disarankan bagi orang yang sedang diet. Bagi orang yang sedang menjalani program diet, mereka sangat dianjurkan lebih banyak minum air putih sehingga nafsu makan untuk menyantap makanan berkalori akan berkurang.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan di sini bukan berarti kacang olahan yang menjadi camilan saat menonton TV, melainkan jenis kacang-kacangan yang mengandung lemak nabati, seperti: kacang polong, kacang merah, kacang hijau, dan jenis sayur kacang-kacangan lainnya. Jadi, menggunakan bahan kacang-kacangan pada masakan adalah hal yang sangat dianjurkan jika ingin merasa kenyang lebih lama.

5. Sup

Sup adalah salah satu makanan yang banyak mengandung air atau berkuah. Jadi, menyantap sup pada saat sarapan bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Selain itu, sup bisa membuat kamu makan makanan yang berkalori lebih rendah pada siang dan malam harinya.

6. Telur

Tidak salah kalau memilih menu dengan telur pada sarapan. Sebab, telur adalah bahan makanan yang mengandung kombinasi yang baik antara protein dan lemak. Keduanya sangat bermanfaat untuk membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Jadi, masukanlah telur pada menu sarapan kamu.

7. Yogurt

Bahan makanan yang terbuat dari susu yang difermentasi ini, juga bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Kandungan protein dan lemak nabati di dalamnya yang membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Jadi, tidak heran kalau orang yang sedang melakukan program diet juga disarankan untuk mengonsumsi yogurt.

Itulah ketujuh bahan makanan yang bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Kesimpulan yang didapat dari kandungan dalam bahan makanan tersebut adalah protein, air, serat dan lemak nabati-lah yang dapat membuat perut kamu merasa kenyang lebih lama. Jadi, untuk mengatasi serangan rasa lapar yang datang dengan cepat, pastikan kamu mengonsumsi makanan yang mengandung zat-zat yang diperlukan tubuh seperti yang sudah disebutkan di atas. Selain itu, sarapan sangat disarankan untuk mencegah perut cepat lapar di siang dan malam hari.

Yahoo/Shine

Comment di sini