Ribuan Peserta Berhasil Lulus SNMPTN 2012

by
July 7th, 2012 at 1:42 pm

Para calon mahasiswa yang tengah berlomba untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri, kini bisa bernapas lega. Pasalnya, panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 telah mengumumkan peserta yang berhasil masuk Perguruan Tinggi Negeri di situs resmi mereka www.snmptn.ac.id, kemarin (6/7/2012) pukul 7 malam.

Dari pengumuman tersebut, tercatat bahwa 123.225 peserta, yang terdiri dari jurusan IPA sebanyak 57.869, dan jurusan IPS sebanyak 65.356 peserta berhasil masuk dalam Perguruan Tinggi Negeri.

Sedangkan, 13.430 peserta berhasil lulus SNMPTN dari 48.032 peserta yang mendaftar dari jalur beasiswa, atau Bidik Misi. Pihak kepanitian SNMPTN mengatakan bahwa siswa yang berhasil lulus dari jalur beasiswa ini akan ditinjau ulang kembali keadaan perekonomian keluarganya, karena beasiswa hanya akan diberikan bagi mereka yang benar-benar membutuhkan.

Ketua SNMPTN 2012, Akhmaloka menyampaikan bahwa sebenarnya, pemerintah memberikan penambahan 10% pada daya tampung Perguruan Tinggi Negeri, dengan kata lain, pemerintah telah menyediakan 123.419 kursi. Namun, tersisa 194 kursi setelah pengumuman yang diumumkan kemarin malam (6/7/2012). Hal ini dikarenakan banyak calon mahasiswa yang tidak dapat memenuhi standar nilai yang sudah ditetapkan pemerintah (passing grade).

Akhmaloka juga menambahkan bahwa bagi mereka yang tidak diterima, tidak perlu khawatir karena mereka masih dapat mencoba melalui jalur mandiri dan jalur PTS.

Selain itu, dari data yang didapat pada ujian SNMPTN 2012 ini, jurusan kedokteran, teknik komputer, matematika dan hubungan internasional, masih menjadi jurusan favorit yang diminati oleh banyak calon mahasiswa yang mengikuti ujian SNMPTN.

Selamat bagi para pendaftar yang sudah diterima oleh Perguruan Tinggi Negeri favoritnya, dan jangan putus asa bagi yang belum diterima.

Comment di sini