CiriCara: Cara Menghitung Indeks Massa Tubuh

by
July 8th, 2012 at 9:00 am

Menghitung indeks massa tubuh sangat penting apalagi bagi mereka yang ingin menurunkan berat badannya. Hasil penghitungan BMI ini akan menentukan apakah berat badan seseorang sudah ideal atau belum.

Cara menghitungnya adalah dengan mengkuadratkan tinggi badan dalam satuan meter. Berat badan dalam kg dibagi tinggi badan yang sudah dikuadratkan ini. Misalnya, seseorang dengan tinggi badan 155 cm dengan berat 55 kg. Cara menghitungnya adalah dengan 1,55 x 1,55 sama dengan 2,4025. Berat badan 55 kg dibagi dengan 2,4025 hasilnya 22,892. Hasil ini masih dikategorikan normal atau ideal.

Biasanya orang menilai dirinya terlalu gemuk padahal bisa jadi menurut BMI, ukuran tubuhnya itu termasuk ideal. Ada juga yang BMI-nya di bawah 19 sehingga masuk kategori kurus namun ia menganggap bahwa berat badannya itu ideal sehingga mati-matian mempertahankan berat badan. Menghitung BMI menajdi penting karena ini adalah tolok ukur yang paling tepat dalam menakar berat badan ideal seseorang.

Ada empat kategori dalam menilai BMI. Nilai massa tubuh orang yang kurang dari 19 masuk dalam kelompok orang yang kurus. Sedangkan mereka yang BMI-nya lebih dari 19 hingga 24, dikategorikan sebagai orang yang memiliki berat badan ideal. Orang berbadan gemuk memiliki nilai BMI antara 25 hingga 29,9. Kelompok obesitas memiliki angka BMI lebih dari 30.

Coba hitung BMI kamu dan lihat apakah termasuk dalam kategori normal, gemuk, kurus, atau obesitas. Hal ini bisa membantu kamu menentukan metode diet seperti apakah untuk membuat berat badan ideal. Terlalu kurus bukan hal yang baik karena tubuh bisa kekurangan makanan. Walaupun mungkin kamu terlihat agak gemuk, selama masih berada di angka normal tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Kesehatan lebih penting daripada bentuk tubuh terlalu kurus seperti model.

Comment di sini