CiriCara: 10 Cara Merawat Laptop Agar Tahan Lama

by
July 8th, 2012 at 10:33 am

Di zaman modern seperti sekarang ini, orang-orang lebih memilih untuk menggunakan laptop ketimbang konvensional karena bentuknya yang simpel dan mudah di bawa ke mana saja. Laptop sering menjadi incaran bagi para pengusaha, karyawan yang sibuk dengan jadwal yang padat, bahkan para mahasiswa. Laptop dianggap sebagai barang elektronik yang memberikan kemudahan untuk bekerja di mana saja dan kapan saja.

Tapi, barang elektronik ini juga memerlukan perawatan secara khusus. Kalau pemiliknya lalai dalam merawatnya, maka mereka hanya bisa menggunakan barang tersebut dalam kurun waktu yang terbilang sebentar.

Berikut ini beberapa cara untuk merawat laptop kamu agar tetap awet dalam menemani kamu bekerja.

1. Mulailah dengan membiasakan diri membawa laptop dengan menggunakan tas laptop yang berbahan dasar katun. Tujuannya agar bagian luar laptop kamu tidak tergores.

2. Jangan gunakan laptop di atas tempat tidur. Sebaiknya kamu sediakan meja khusus untuk meletakkannya dengan disertai penggunaan kipas/notebook cooler. Jika kamu menggunakan laptop di atas tempat tidur, maka hawa panas dari hard disk tidak dapat keluar dengan sempurna. Hawa panas yang terperangkap dalam laptop bisa menyebabkan rusaknya komponen lain di dalamnya. Penggunaan cooler juga sangat dianjurkan agar laptop tidak terlalu panas apabila dipakai dalam durasi waktu yang cukup lama.

3. Jangan letakkan barang elektronik lainnya di dekat laptop, seperti ponsel ataupun barang-barang yang mengandung unsur magnetik. Penyebabnya magnet dapat mengubah sistem laptop dan juga menyebabkan kerusakan pada layar LCD-nya karena pada layar laptop juga terdapat unsur magnetik. Selain itu, laptop yang sering didekatkan dengan barang elektronik dapat menyebabkan induksi sehingga melemahkan kerja komponen di dalamnya.

4. Jangan gunakan tisu untuk membersihkan layar laptop. Gunakanlah kain pembersih yang permukaannya halus. Semprotkan pembersih laptop pada kain tersebut, barulah bersihkan layar laptop kamu.

5. Tidak hanya layarnya saja yang perlu kamu bersihkan, tapi bagian keyboardnya juga harus selalu dibersihkan. Debu-debu yang menyelinap ke dalamnya mampu membuat keyboard kamu sulit untuk dipencet.

6. Gunakan stabilizer untuk menjaga naik-turunnya daya listrik ketika sedang menggunakan laptop.

7. Jangan melepas baterai laptop saat sedang menggunakannya. Mungkin sebagian orang berpikir jika melepaskan baterai dan menggunakan listrik, maka umur baterai laptop dapat lebih tahan lama. Justru umur laptopmu akan menjadi tidak tahan lama karena tegangan listrik di dalam motherboard-nya menjadi tidak seimbang.

8. Jika laptopmu tiba-tiba rusak atau hang, jangan sesekali mencoba untuk membongkarnya. Jika kamu bukan ahli di bidang komputer dan teknologi sejenisnya, sebaiknya bawa laptop mu ke tempat servis resmi sesuai merk pada laptop.

9. Jangan lupa untuk menggunakan antivirus pada laptop. Tujuannya agar pada saat kamu memasukan perangkat dari luar seperti flashdisk, atau kabel USB untuk transfer data, laptop dapat mengetahui jika ada virus di dalamnya,sehingga kamu dapat membersihkannya terlebih dahulu.

10. Jangan sembarangan mengunduh berbagai macam software yang kamu tidak kenal jelas dari mana asalnya. Hal ini juga berlaku dalam mengunduh game-game. Karena banyak game dan software online mengandung virus yang dapat langsung melumpuhkan laptop mu.

Itulah 10 cara untuk menjaga laptop kamu agar tahan lama dipakainya, sehingga dapat selalu menemani kamu bekerja.