CiriCara: 4 Cara Mendongengi Anak

by
July 8th, 2012 at 11:05 am

Sifat dan tabiat setiap anak berbeda-beda. Menyimpulkan bahwa setiap anak memiliki karakter yang sama adalah sebuah kesalahan besar. Pendiri Kampoeng Dongeng (KaDo), Awam Prakoso, mengatakan bahwa mendongeng mempunyai banyak manfaat. Salah satunya adalah menjalin hubungan antara orangtua dan anak.

Dalam mendongeng, pendongeng bisa memberikan nilai-nilai atau pesan-pesan pada anak tanpa membuat anak merasa dikuliahi. Saat ini orang tua memiliki banyak alasan untuk tidak mendongeng pada anak. Orang tua seharusnya belajar untuk terbiasa mendongeng dan tidak lupa memperhatikan 4 poin berikut ini:

1. Bersiap untuk mendongeng

Mengarang cerita sendiri atau mengambil sebuah cerita sebelum mendongeng bisa dari buku, film atau internet. Namun orang tua wajib mengetahui isi cerita dari awal hingga akhir sehingga hal-hal negatif yang berbau SARA, pornografi, dan  semacamnya bisa terdeteksi lebih dulu. Gunakan alat peraga seperti boneka atau lainnya sehingga anak bisa berimajinasi. Pahami dan hafalkan jalan ceritanya dan jangan lupa nilai-nilai yang diajarkan. Lokasi mendongeng bisa berubah agar anak tidak bosan.

2. Mencipatakan suasana kondusif

Anak belum tentu akan memperhatikan saat didongengi, oleh karena itu kamu perlu melakukan inovasi seperti berkreasi dengan menggunakan bahan makanan bila anak sudah lebih dewasa. Berkreasi dengan menggunakan bahan lain juga bisa dilakukan asal bisa menarik perhatiannya untuk mendengarkan cerita.

3. Menggunakan teknik yang benar

Saat akan mulai mendongeng, pastikan posisi sudah nyaman, vokal dan ekspresi juga harus diperhatikan. Cobalah latihan beragam vokal dari banyak karakter seperti tokoh kartun dan binatang. Jangan gugup. Dongeng bisa diimprovisasi agar tidak kaku. Libatkan anak dalam dongeng seperti tiba-tiba menanyakan sesuatu yang sesuai dengan usia dan kemampuannya. Ingat bahwa karakter anak berbeda-beda sehingga metode ini mungkin tidak akan berhasil untuk anak lainnya.

4. Memberi penutup

Untuk kali ini jangan lupa menyimpulkan cerita agar anak bisa mengerti jalan cerita dan nilai apa yang dikandung oleh dongeng tersebut.

Dongeng bisa membantu perkembangan anak. Bila ingin mendongeng jangan lupakan empat cara di atas agar aktivitas mendongeng bisa sukses.

Comment di sini