CiriCara: 5 Ciri Rambut Sehat

by
July 8th, 2012 at 12:30 pm

Biasanya, kamu lebih sering mendengar ciri-ciri rambut yang rusak, rontok, patah-patah, dsb. Kini, CiriCara akan mengungkapkan seperti apa yang dimaksud dengan ciri-ciri rambut sehat.

Selain mengetahui ciri rambut rusak, kamu juga perlu mengetahui ciri rambut sehat, agar kamu dapat menilai seberapa parah kerusakan rambutmu.

Inilah beberapa ciri rambut sehat:

1. Kulit kepala

Kesehatan rambut, semuanya berawal dari kesehatan kulit kepala. Kulit kepala yang dikatagorikan sehat jika dalam satu pori-pori kulit kepala, tumbuh 3 helai rambut. Selain itu, kulit kepala terlihat putih, bersih dan berkilau.

2. Elastisitas pada rambut

Setelah melihat bagian kulit kepala, cobalah lihat elastisitas rambut kamu. Rambut yang dikatakan elastis adalah rambut yang tidak mudah patah ketika ditarik atau tidak sengaja tertarik. Jika kamu mengalami rambut patah, maka ada yang salah dengan nutrisi rambutmu.

3. Tekstur rambut

Rambut yang sehat adalah rambut yang memiliki tekstur yang lembut. Kamu bisa merasakan sendiri kelembutan rambut kamu saat menyentuhnya dengan jari. Jika rambutmu terasa tajam-tajam dan kasar, bahkan, rambut yang tidak lembut akan kusut jika terkena air atau pada saat kamu keramas. Jika rambutmu seperti itu, berarti ada masalah dengan kesehatan rambut.

4. Masa rambut

Rambut juga mempunyai masanya sendiri untuk rontok dan diperbaharui dengan rambut baru yang lebih sehat. Jika kerontokan kamu hanya 100 helai per harinya, itu adalah angka yang normal bagi rambut. Tidak perlu repot-repot menghitung berapa helai rambut yang rontok dari kepalamu, tapi perhatikanlah siklus rambut ini.

Masa rambut yang normal, seharusnya, 1 helai rambut itu bisa tahan di kepalamu hingga 3-5 tahun. Setiap bulannya 1 helai rambut akan tumbuh sepanjang 12 mm. Jika dalam satu pori-pori, rambut sudah mencapai panjang sekitar 100 cm, maka dia akan rontok dengan sendirinya. Itulah masa rambut, jadi kamu tidak perlu khawatir ketika mendapati beberapa helai rambut berjatuhan ketika sedang menyisir. Untuk menghindari masalah ini, sebaiknya jangan biarkan rambutmu tumbuh terlalu panjang.

5. Kilau rambut

Selain lembut dan tidak mudah patah, ciri rambut sehat berikutnya adalah berkilau. Jika rambutmu masih berkilau meski di dalam ruangan, itu tandanya lapisan luar rambut kamu belum terkikis sehingga masih dapat memantulkan cahaya. Untuk menjaga rambutmu agar tetap berkilau, kamu bisa melakukan perawatan di salon setidaknya 2 minggu sekali.

Itulah 5 ciri rambut sehat yang seharusnya dimiliki oleh setiap orang. Jika rambutmu tidak seperti itu, segeralah melakukan perawatan rambut yang dibutuhkan sesuai keluhan. Ingatlah kalau makanan juga mempengaruhi kesehatan kulit kepala, dan kesehatan kulit kepala sangat mempengaruhi kesehatan rambutmu.

Comment di sini