CiriCara: Cara Membersihkan Kulkas

by
July 8th, 2012 at 11:43 am

Lemari es berapapun ukurannya harus sering dibersihkan. Tidak perlu membersihkan kulkas setiap hari. Kulkas harus dibersihkan sekali dalam seminggu walaupun kebanyakan orang melakukan aktivitas ini saat mereka memiliki waktu luang yang panjang seperti long weekend atau cuti.

Kulkas dipenuhi bakteri dan kuman dari makanan yang kita masukkan. Saat membersihkan tentu saja harus menyeluruh agar semua kuman dan bakteri bisa mati. Makanan yang disimpan pun harus tetap higienis dan aman untuk dikonsumsi. Perhatikan cara membersihkan kulkas berikut ini:

1. Bersihkan bagian luar

Membersihkan bagian luar kulkas menggunakan sabun, air, dan spon. Copot mainan dan kertas-kertas yang menempel di pintu kulkas. Bersihkan semua itu karena tempelan yang terlalu banyak malah akan membuat dapur tambah berantakan. Bersihkan juga bagian atas kulkas.

2. Proses pembuangan

Bongkar muatan kulkas. Manakah benda yang masih akan disimpan dan mana yang akan dibuang. Periksa tiap rak di dalam kulkas. Jangan lupa melihat tanggal kadaluwarsa pada label makanan. Makanan dan minuman terbuka yang sudah terlalu lama sebaiknya dibuang walaupun di dalam kulkas bukan berarti masih aman dikonsumsi. Bersihkan rak dengan menggunakan sabun dan air. Setelah benar-benar bersih, masukkan dan atur kembali barang yang telah dikeluarkan. Hal ini juga berlaku untuk bagian freezer.

3. Pengontrol bau kulkas

Kulkas juga bisa memiliki bau tidak sedap yang sangat menyengat. Letakkan sekotak soda kue pada bagian belakang kulkas. Soda kue bisa menyerap bau di dalam kulkas. Jangan lupa tulis tanggal saat memasukkan dan ganti setiap tiga bulan. Makanan yang memiliki aroma menyengat seperti bawang, daun seledri, bawang putih dan lain sebagainya harus disimpan dalam kantong atau wadah tertutup.

4. Mengatur makanan sisa

Jangan lupa mengatur posisi makanan sisa. Masukkan dalam wadah atau kantong yang tembus pandang lengkap dengan tanggalnya. Dengan begini tidak perlu lagi menerka-nerka isi dalam kantong.

5. Menyusun barang-barang

Pastikan susunan barang di dalam kulkas. Menyusun barang dalam kulkas juga harus hati-hati. Masukkan barang dalam kelompok yang sama sehingga membuatnya mudah diakses tanpa harus membongkar-bongkar isi kulkas.

Membersihkan kulkas adalah hal yang wajib dilakukan walaupun tidak seminggu sekali, pastikan membersihkan kulas secara rutin. Jangan terkaget-kaget melihat makanan yang sudah busuk, lewat masa kadaluwarsa bahkan berjamur sehingga aroma kulkas sangat tidak enak. Kulkas yang rapi dan bersih akan memudahkan aktivitas dapur kamu.

Comment di sini