CiriCara: Cara Membuat Anak Mau Berpuasa

by
July 8th, 2012 at 12:00 pm

Ramadhan akan segera datang. Segala persiapan harus segera dilakukan termasuk menyiapkan anak agar mau berpuasa. Anak-anak memang belum wajib berpuasa namun tidak ada salahnya mengajari semenjak dini sehingga saat dewasa nanti mereka sudah terbiasa untuk berpuasa.

Berikut ini adalah cara agar anak mau berpuasa dengan sukarela:

1. Jangan memberi label negatif

Anak-anak cenderung mengikuti label yang diberikan. Mengatai anak durhaka, cengeng, dosa, dan pemalas tidak akan menyelesaikan masalah. Mereka bisa saja malah tertekan sehingga perilakunya mengikuti label yang diberi.

2. Jangan mengancam

Mengancam anak dengan dosa, neraka, dan kekerasan tidak dapat membuat anak mau berpuasa. Mereka bisa saja malah berpikir bahwa perintah agama ini identik dengan kekerasan dan paksaan. Oleh karena itu hindari perbuatan seperti ini.

3. Berkomunikasi dengan anak

Coba tanyakan baik-baik pada anak mengapa ia tidak mau berpuasa. Setelah berkomunikasi dengan anak mengenai alasan mengapa ia tidak mau berpuasa, mulailah mencari solusinya.

4. Menciptakan suasana

Suasana yang kondusif di rumah untuk berpuasa dan menjalankan ibadah yang lain, akan membuat anak juga mengikuti suasana ini. Larangannya adalah meletakkan makanan sembarangan, simpan makanan di tempat yang tidak terlihat. Tanamkan sejak awal mengenai kewajiban yang harus dilakukan.

5. Menjelaskan pentingnya puasa

Menjelaskan arti puasa tidak perlu seperti sedang memberi ceramah. Gunakan pendekatan yang lebih baik seperti dongeng, video, atau cerita bergambar. Informasi mengenai manfaat berpuasa akan membuat anak jadi lebih termotivasi.

6. Cuti pada awal puasa

Bila memungkinkan cobalah untuk mengambil cuti pada hari pertama berpuasa guna mendampingi anak. Saat seperti ini adalah saat yang paling berat bagi anak yang belum pernah berpuasa sebelumnya. Bila tidak bisa, usahakan sampai di rumah sebelum maghrib agar anak termotivasi dan ada yang mendampingi.

7. Terlibat saat menyenangkan

Libatkan anak di waktu yang menyenangkan seperti menyiapkan makanan yang lezat saat ngabuburit dan suasana yang ramai saat berbuka dan sahur bersama. Ajak ia untuk memilih menu makanan untuk berbuka dan sahur. Jangan lupa ajak mereka untuk tarawih bersama.

8. Latihan terlebih dahulu

Puasa sehari penuh memang tidak mudah bagi anak. Perkenalkan puasa zuhur terlebih dahulu kemudian ditingkatkan menjadi asar sehingga puasa penuh hingga magrib bisa ia lakukan. Anak mungkin akan menolak berpuasa pada waktu tertentu. Biarkan saja, tapi teruslah motivasi dirinya untuk berpuasa.

9. Menyenangkan anak

Melibatkan anak dalam berbagai aktivitas yang menyenangkan saat berpuasa bisa membuatnya bergembira tapi bisa juga menjadikan ia cepat lelah. Saat anak sudah tampak lemas dan pucat, biarkan saja ia berbuka.

10. Memberi pujian

Memberi pujian saat anak mau berpuasa adalah salah satu motivasi yang baik. Beri ia hadiah saat ia berhasil berpuasa sehari penuh seperti memberi menu buka makanan favoritnya.

Mengajari anak berpuasa memang harus sabar. Agar anak menjadi rajin berpuasa, terapkan 10 cara di atas sehingga kesadaran untuk berpuasa bisa muncul sendiri.

Comment di sini