CiriCara: Cara Menghadapi Teman Ceriwis

by
July 8th, 2012 at 11:00 am

Bersosialisasi adalah hal yang harus kita lakukan sebagai makhluk sosial. Tidak ada seorang pun yang bisa hidup seorang diri tanpa teman. Teman adalah orang yang bisa kamu ajak bicara bahkan menjadi tempat menyimpan rahasia.

Sayangnya, tidak semua teman dapat kamu percaya sepenuhnya. Sebagian teman lebih suka untuk didengarkan daripada mendengarkan. Biasanya, teman yang seperti ini adalah mereka yang ceriwis atau senang berbicara, alias bawel.

Kamu merasa sulit dan tidak suka bregaul dengan teman seperti ini? Lantas, kamu tidak boleh langsung menjauh, jika tidak ingin kehilangan banyak teman.

Berikut ini beberapa cara untuk dapat berteman dengan orang yang ceriwis:

1. Menjadi pendengar yang baik

Mulailah dengan menjadi pendengar terlebih dahulu. Untuk berhadapan dengan teman yang ceriwis, atau lawan bicara yang lebih senang berbicara daripada mendengarkan, cobalah untuk memulai menjadi pendengar yang baik bagi mereka. Karena pada dasarnya, orang yang ceriwis ingin selalu didengarkan.

2. Memotong pembicaraan

Setelah kamu mencoba cara nomor 1 dan mereka masih terus berbicara, kini saatnya untuk berbicara. Jika kamu sudah memberinya waktu untuk berbicara banyak, saatnya kamu memotong pembicaraannya dengan memberikan pendapat dari sudut pandang kamu. Jangan ragu-ragu untuk melakukan hal itu.

3. Mengalihkan topik pembicaraan

Jika langkah kedua masih belum berhasil, mungkin kamu dapat mengalihkan topik pembicaraannya. Begitu dia selesai membahas topik yang dimulainya, segeralah kamu pilih topik lain yang kamu kuasai. Jika temanmu sudah mulai mengambil-alih pembicaraan mengenai topik tersebut, segeralah ganti dengan topik yang lainnya. Kamu dapat terus melakukan hal itu jika berbicara dengan orang yang ceriwis. Dengan kata lain, untuk mengimbangi teman yang ceriwis, kamu harus memiliki berbagai macam topik bahasan.

4. Kurangi respon berlebihan

Janganlah memberi respon yang berlebihan. Jika kamu memang tidak mau direpotkan dengan temanmu yang ceriwis, jangan terlalu bersemangat menanggapi pembicaraan mereka. Kamu bisa menanggapi perkataannya hanya dengan senyuman ataupun anggukan kepala.

Biasanya, orang yang ceriwis tergolong orang yang ekstrovert, jadi mereka sangat berapi-api dalam melakukan berbagai hal apalagi berbincang, dan mereka sangat senang ketika lawan bicaranya juga menggebu-gebu menanggapi percakapannya. Sebaliknya, mereka tidak akan merasa senang jika berbicara dengan orang yang pendiam karena mereka merasa tidak ditanggapi. Jadi, kamu harus tahu porsi yang tepat untuk menanggapi pembicaraan mereka.

5. Jangan buat mereka tersinggung

Tak jarang, orang yang ceriwis memiliki pembicaraan yang berbobot untuk didiskusikan. Oleh karenanya, kamu bisa mengetahui banyak hal dari mereka, jadi jangan buat mereka tersinggung dengan terlalu sering menatap ke arah lain. Jika kamu tidak fokus kepada mereka, informasi penting tersebut tidak akan kamu dapatkan, malahan mereka akan tersinggung.

6. Berkata jujur kepada mereka

Jika kamu merasa sangat perlu untuk mengungkapkan pendapatmu, maka cara satu-satunya adalah jujur. Jujur memang menjadi jalan yang terbaik untuk mengatasi masalah apa pun. Jadi, ada baiknya kalau kamu mengatakan langsung pada temanmu, kalau mereka terlalu banyak bicara sedangkan kamu belum mengeluarkan pendapat sama sekali. Tapi jangan sampai menyinggung perasaannya! Katakan sejujurnya, namun dengan bahasa yang halus.

7. Ikuti arus pembicaraan

Jika kamu tidak tega atau takut akan menyakiti hati teman, langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi teman ceriwis adalah menerimanya apa adanya dan ikuti saja arus pembicaraannya, kalian pun tidak akan sepenuhnya dirugikan. Hanya cukup mendengarkan lebih banyak, maka kamu akan dapatkan informasi yang mungkin belum kamu ketahui.

Itulah 7 cara untuk berteman dengan teman yang ceriwis. Cara-cara tersebut tidaklah ditujukan untuk menjauhi orang-orang yang gemar berbicara, namun, cara tersebut dapat berguna untuk menjalin hubungan jika kamu berhadapan dengan orang ceriwis.

Wiki How

Comment di sini