CiriCara: Cara Mengurangi Waktu Nonton TV Pada Anak

by
July 8th, 2012 at 9:46 pm

Anak-anak memang tidak dapat dipisahkan dari acara-acara TV. Selain game, TV juga menjadi kegemaran lain bagi mereka. Seusia mereka, kesadaran akan hal yang baik dan buruk masih sangat kurang. Oleh karena itu, orangtua punya tugas yang besar untuk membimbing mereka melakukan hal yang baik sejak dini.

Pada musim liburan seperti sekarang ini, mungkin terasa lebih sulit untuk mengatur waktu nonton TV sang buah hati. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya kegiatan sekolah atau kegiatan penting yang harus mereka lakukan, sehingga anak-anak lebih memilih untuk menghabiskan waktunya di depan TV selama berjam-jam.

Bagi para orangtua yang mengalami kesulitan untuk mengurangi kebiasaan nonton TV sang buah hati, berikut ini beberapa cara yang mungkin bisa dilakukan.

1. Buatlah jadwal bagi anak-anak untuk menonton TV. Misalnya, hanya boleh menonton setelah tugas-tugas sekolahnya selesai, atau hanya boleh menonton TV pada Sabtu-Minggu.

2. Jangan meletakkan TV di kamar anak-anak. Jika ada TV pada kamar anak, hal ini akan memberikan keleluasaan pada mereka untuk menonton TV kapan saja, dan Anda akan kesulitan untuk mengontrol waktu menonton TV yang sudah dibuat.

3. Jangan pasang TV pada mobil Anda. Hal ini akan memicu anak untuk menonton TV saat mereka sedang berpergian, sehingga Anda akan kesulitan untuk mengurangi kegemaran mereka menonton TV.

4. Berikan program TV khusus anak-anak, sehingga buah hati Anda hanya dapat melihat acara untuk anak-anak saja.

5. Berikan pengertian pada buah hati Anda kalau tidak semua siaran di TV layak untuk ditonton oleh anak-anak seusia mereka.

6. Alihkan perhatian anak dengan mengajak mereka melakukan berbagai kegiatan di luar rumah.

7. Tentu Anda harus memberikan teladan bagi anak-anak. Misalnya, Anda juga punya jadwal menonton TV, dan pastikan Anda menyaksikan program yang bermutu bersama keluarga. Dengan demikian, anak Anda akan mencontoh kebiasaan baik tersebut.

Itulah 6 cara yang dapat dipraktikkan di rumah untuk mengurangi kegemaran anak-anak menonton TV. Pastikan bahwa anak-anak Anda selalu menyaksikan acara-acara anak yang bermutu bagi perkembangan pemikirannya.

Wiki How

Comment di sini