CiriCara: Cara Menolak Lamaran Pernikahan

by
July 8th, 2012 at 10:00 am

Kisah sintron dan film Hollywood kerap memasukkan adegan lamaran yang diterima. Namun, di kehidupan nyata tak semua lamaran untuk menikah diterima begitu saja. Selalu ada alasan kenapa lamaran akhirnya ditolak.

Namun, banyak yang takut menolak lamaran sehingga menjadi berujung pada pernikahan yang tidak harmonis dan berusia pendek. Apabila kamu merasa ada ketidakcocokan di antara kalian, lebih tolak lamaran atau tunggu hingga hatimu benar-benar mantap.

Simak cara menolak lamaran berikut ini agar tidak salah langkah:

1.Waspadai tanda

Saat pasangan akan melamar biasanya akan ada tanda-tanda yang muncul seperti tiba-tiba membicarakan tentang rumah yang cocok bagi sebuah keluarga. Bila tanda seperti ini muncul kamu perlu mulai memberikan tanda bahwa kamu belum siap untuk itu.

2. Meminta waktu berpikir

Pasangan kamu tiba-tiba mengajak menikah. Bila memang belum siap, sebaiknya kamu meminta waktu untuk berpikir. Ungkapkan apa alasan kamu dan apa yang kamu sukai darinya. Ini bisa menjadi akhir hubunganmu dengannya tapi memang itulah resikonya.

3. Jangan memberikan syarat

Jika kamu menganut cinta itu adalah hubungan tanpa syarat, maka jangan mengajukan syarat agar kamu menerima dia. Cukup minta waktu untuk berpikir sebelum memberi jawaban. Cara seperti ini sudah menjadi tanda bahwa kamu menolak lamarannya.

4. Jangan tersenyum

Bahasa tubuh pertama yang perlu dihindari saat menolak lamaran adalah tersenyum. Setelah si dia melamar kamu, sebaiknya jangan tersenyum. Saat kamu tersenyum, ia malah akan semakin berharap bahwa lamarannya diterima.

5. Siap merespon reaksi kecewa

Pasangan kamu pasti akan kecewa dan sedih setelah melakukan persiapan untuk melamarmu tetapi ternyata kamu menolaknya. Kamu bisa membantunya bangkit kembali dari keterpurukan dengan menuruti kata-katanya. Bila ia ingin sendiri, biarkan ia sendiri tapi pastikan kamu menghubunginya segera, esok pagi ataupun lusa.

6. Memikirkan langkah selanjutnya

Setelah menolak lamaran pasangan, hubungan kalian berdua akan menjadi aneh dan canggung. Mulailah berpikir dan membicarakan masalah ini bersama pasangan. Ke mana dan bagaimana kelanjutan hubungan ini?

Enam langkah di atas akan membantu kamu menolak sebuah lamaran. Pastikan kamu bisa mengatasi masalah hubungan seperti ini tanpa membuat pasangan merasa tidak cukup baik bagimu. Memang tidak mudah menolak tanpa menyakiti hati tapi tidak ada salahnya mencoba.

Comment di sini