10 Kontroversi Terkait Scientology

by
July 9th, 2012 at 4:10 pm

Scientology sedang ramai diberitakan oleh media terkait dengan salah satu penganutnya yang juga aktor laga Hollywood, Tom Cruise, yang digugat cerai oleh sang istri.

Scientology adalah paham yang dicetuskan oleh L. Ron Hubbard (Elron) pada 1952. Ajaran Scientology merupakan hal yang kontroversial karena bertentangan dengan nilai agama Kristen meskipun memakai nama “church”. Agama ini ditolak di beberapa negara seperti Prancis dan Jerman, namun di Amerika Serikat dan Italia, agama ini bisa berkembang.

Apakah ada yang salah dengan paham ini, sampai-sampai berita perceraian Tom dan Katie dikaitkan erat dengan Scientology sebagai penyebab utamanya?

Berikut ini adalah beberapa masalah yang ada di balik aliran scientology tersebut, mulai dari pencetusnya hingga ajarannya.

1. Elron adalah seorang penipu

Demi memiliki banyak pengikut dan dinilai sesuai dengan paham yang dia sebarkan, yaitu Scientology; Elron mengaku bahwa dirinya adalah seorang Fisikawan di bidang nuklir. Dia juga mengaku bahwa dirinya mendapat pendidikan tinggi di bidang Fisika dan Matematika. Nyatanya, dia sama sekali tidak memiliki gelar science.

2. Elron tidak jujur dalam pernikahan

Bukan saja seorang penipu untuk latar belakang pendidikannya, tapi dia juga menipu istri yang dinikahinya, yaitu Sara. Ternyata, sebelum Elron menikah dengan Sara, dia sudah memiliki seorang istri dan 2 orang anak.

3. Elron adalah pengguna narkoba

Gereja Scientology yang dibuatnya ini sangat menolak keras para pengguna narkoba, namun ternyata dirinya sendiri adalah seorang pengguna narkoba. Hal ini juga dapat dikategorikan sebagai kebohongan yang dilakukan Elron.

Dia juga sempat membuat sebuah organisasi di bawah Church of Scientology yang bergerak sebagai pusat rehabilitasi untuk membantu para pencandu obat-obatan terlarang tersebut. Apa yang dilakukan Elron, semuanya bertolak belakang dengan apa yang dia ajarkan pada gereja Scientology.

4. Elron adalah seorang kriminal

Elron pernah terlibat kasus penipuan pada 1979 dan sempat dihukum penjara selama 4 tahun. Fakta ini sudah mencoreng kebenaran akan ajaran dalam Scientology yang dapat dijadikan pedoman.

5. Scientology adalah sebuah rahasia

Sebenarnya, gereja Scientology ini tidak boleh diberitahukan pada khalayak ramai. Para penganutnya menjaga aliran ini sebagai organisasi rahasia. Namun, fakta tetang keberadaan mereka sempat bocor di dunia maya sehingga mereka mendapat tuntutan hukum pada waktu itu. Sekarang keberadaan mereka semakin jelas setelah aktor laga Hollywood, Tom Cruise diberitakan menganut Scientology yang membuatnya harus bercerai dengan sang istri.

6. Scientology adalah pemerasan

Tidak seperti agama lain, Scientology menerapkan iuran wajib kepada para penganutnya. Ketika seseorang baru pertama kali mengikuti pengajaran dan pelatihan ajaran Scientology, mereka diharuskan membayar 15 dollar Amerika. Nominal sebesar itu memang kelihatannya murah, namun akan bertambah besar pada rangkaian pelatihan berikutnya. Pada pelatihan berikutnya, mereka diharuskan membayar biaya pelatihan sebesar 750 dollar Amerika.

7. Scientology pernah membunuh

Organisasi ini rupanya juga menjadi tempat uji coba obat-obatan yang tidak ada izin layak untuk dikonsumsi. Salah satu korbannya adalah Lisa McPherson yang meninggal pada 1995 setelah dirawat oleh Flag Service Organization (FSO), salah satu cabang gereja Scientology.

8. Scientology tidak ilmiah

Nama hanyalah sekadar nama. Meski namanya Scientology, tapi pengajaran yang diberikan sama sekali tidak ilmiah. Semua ajaran tersebut hanyalah buatan seorang manusia yang ahli menulis karya science fiction, Ron Hubbard, tanpa didasari konsep pemikiran yang ilmiah.

9. Scientology menggunakan kebijakan

Kebijakan yang dibuat Elron pada 1960-an bukanlah kebijakan yang menenangkan bagi para pengikutnya, melainkan membuat resah. Kebijakan tersebut dikenal dengan istilah Fair Game, dimana berisi tentang orang-orang yang dianggap ancaman untuk organisasi Scientology, maka akan dihukum dan dianiaya. Ancaman tersebut berlaku bagi semua orang, baik itu anggota Scientology sendiri, maupun orang luar.

10. Scientology anti psikiater

Dalam Scientology, ajaran yang ditanamkan adalah setiap manusia mampu menyembuhkan dirinya sendiri termasuk pikiran dan jiwanya. Jadi, Elron menanamkan pada para pengikutnya untuk anti kepada psikiater. Alasannya, psikiater dinilai sebagai leluhurnya setan yang menyebabkan berbagai kekacauan sejak jutaan tahun silam.

Itulah sepuluh kontroversi yang terungkap dari keberadaan ajaran Scientology di Amerika Serikat. Apakah ajaran ini masih dapat disebut sebagai kepercayaan yang mampu menyelamatkan jiwa para pengikutnya? Atau malah menyesatkan?

List Verse

Comment di sini