7 Langkah Meningkatkan Kepercayaan Diri

by
July 9th, 2012 at 11:01 am

Banyak orang yang merasa rendah diri dengan berbagai alasan. Alasan yang paling sering dipakai adalah karena merasa penampilan kurang menarik. Penampilan seharusnya bukanlah alasan untuk tidak percaya diri. Ada banyak cara yang bisa kamu pakai untuk meningkatkan rasa percaya diri. Cobalah melakukan cara-cara di bawah ini untuk membuat rasa percaya diri kamu meningkat:

1. Mempelajari hal baru

Mempelajari hal baru dalam waktu 24 jam bisa membuat kamu merasa lebih pintar. Otak manusia membentuk koneksi yang lebih cepat bila berada dalam situasi yang cukup intens. Merasa lebih pintar juga bisa mendorong rasa percaya diri, tetapi jangan merasa sok pintar. Apabila kamu memang lebih tahu tentang suatu hal, bagilah pengetahuanmu.

2. Membersihkan sepatu

Noda kotoran di sepatu bisa membuat kamu merasa tidak percaya diri. Sepatu yang bersih dan tidak bernoda akan membuat kamu menjadi lebih percaya diri. Gunakan penghapus pensil untuk membersihkan noda di sepatu. Cara sederhana ini boleh dicoba dan kamu akan merasa jauh lebih percaya diri.

3. Melakukan kegiatan konsisten

Melakukan kegiatan yang konsisten selama 21 kali bisa menjadi suatu kebiasaan. Melakukan hal seperti ini akan membantu kamu membantu otak agar lebih terprogram sehingga kegiatan itu pun menjadi kebiasaan. Cara ini sangat efektif bagi mereka yang ingin membiasakan diri melakukan hal yang baik.

4. Berdiri sambil merentangkan tangan

Berdirilah dengan tegak kemudian rentangkan tangan kamu setinggi bahu. Lakukan kegiatan ini selama dua menit. Carol Kinsey Gorman mengatakan bahwa posisi ini akan membuat hormon testosteron meningkat.

5. Berbicara pada diri sendiri

Berbicara pada diri sendiri dengan nada kagum bisa membuat rasa percaya diri jadi lebih meningkat. Menurut seorang ahli terapis tingkah laku kognitif Avy Joseph, mengendalikan dialog dan meyakinkan bahwa kamu benar memang bermanfaat dan mengandung kekuatan tersendiri. Namun jangan sampai terjebak dalam sindrom narsisme ya.

6. Menulis tiga hal yang paling disyukuri

Ketika hari menjelang akhir, tulislah tiga hal yang paling kamu syukuri dalam seharian itu. Andy Edwards, pemilik Nine5Three, mengatakan bahwa dengan melakukan hal ini kebahagiaan kamu akan naik dalam waktu satu minggu. Hasil penelitiannya juga menunjukkan bahwa apabila seseorang berfokus pada hal yang baik, cara pandangnya juga menjadi lebih baik.

7. Mengatasi kerontokan rambut

Rambut rontok juga akan mempengaruhi kepercayaan diri oleh karena itu mengatasi kerontokan juga adalah salah satu cara meningkatkan percaya diri. Gunakan sarung bantal sutra sehingga gesekan akan berkurang dan rambut tidak mudah rontok. Saat masih basah, keringkan rambut dengan diseka secara perlahan.

Meningkatkan rasa percaya diri bisa dilakukan dengan tujuh cara di atas. Kamu bisa mulai dengan melakukan hal yang paling mudah seperti membersihkan sepatu dari noda dan kotoran, berdiri tegak atau mempelajari sesuatu dalam waktu satu hari. Cara-cara ini akan membantumu meningkatkan rasa percaya diri.

Comment di sini