Calon Siswa SMA di Bandung Diwajibkan Bebas Geng Motor

by
July 9th, 2012 at 10:38 am

Fenomena geng motor rupanya telah dinilai sangat meresahkan. Tidak hanya memasang spanduk dan imbauan antigeng motor, sebuah sekolah di Bandung bahkan membuat sebuah persyaratan khusus guna mencegah murid-muridnya terlibat aksi geng motor.

Untuk bisa bersekolah di SMA Negeri I Ciaparay AA Hudaya, Bandung, seorang siswa tidak hanya diharuskan melampaui batas nilai ujian yang telah ditentukan. Para calon siswa juga harus membuat surat pernyataan bahwa mereka tidak terlibat atau tergabung dengan geng motor.

Untuk mencapai harapan tersebut, pihak sekolah juga meminta para orang tuas siswa untuk memberi perhatian ekstra kepada putra-putri mereka di lingkungan rumah. Sedangkan di lingkungan sekolah, akan ada kebijakan-kebijakan pembinaan siswa yang diharapkan mampu meredam aksi geng motor.

Seperti dikutip dari Republika, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Sekolah di SMA Negeri I Ciparay, Bandung mengatakan aturan tersebut dijalankan dengan kerjasama orangtua siswa.

Komitmen dilakukan dengan orangtua siswa untuk melakukan pengawasan terhadap putra putrinya di rumah dan lingkungan,” ujarnya.

Kini, sekolah tersebut telah selesai melakukan proses penerimaan siswa baru. Pendaftaran ulang bagi siswa yang memenuhi syarat pun telah dilakukan. Hari ini, Senin (9/7), para siswa di sekolah tersebut tengah menjalani Masa Orientasi Siswa (MOS).

Semoga harapan sekolah di Kabupaten Bandung tersebut tercapai sehingga para murid bebas dari aksi geng motor. Lalu, bagaimana dengan Jakarta? Perlukah kebijakan tersebut diterapkan di Jakarta?

Comment di sini