CiriCara: Cara Agar Anak Mau Sarapan

by
July 9th, 2012 at 1:42 pm

Sarapan adalah hal yang penting untuk setiap orang tak terkecuali anak-anak. Dengan sarapan sehat, maka energi tubuh akan terjaga sepanjang hari. Sayangnya, masih banyak para orangtua yang kesulitan untuk menyuruh anaknya sarapan.

Dengan sarapan, sistem imun dalam tubuh anak akan terjaga, itulah sebabnya sarapan menjadi penting untuk anak. Jangan biarkan anak Anda terserang penyakit karena sistem imunnya terganggu. Jadi, ajarilah anak Anda untuk sarapan setiap hari.

Berikut cara agar anak mau sarapan:

1. Ajak anak bangun pagi

Kebanyakan anak menolak untuk sarapan karena mereka merasa tidak lapar saat bangun. Untuk mengatasinya, ajak anak bangun lebih awal. Biasanya anak akan merasa lapar setelah 15-20 menit dari waktu bangun. Jadi bangunkan anak pada 15 atau 20 menit sebelum waktu sarapan. Jadi saat waktu sarapan tiba, si anak sudah merasa lapar. Dia pasti akan langsung sarapan tanpa harus disuruh.

2. Pilih menu kesukaannya

Beberapa anak menolak sarapan karena tidak cocok dengan menu sarapan yang ada. Untuk mengatasinya Anda bisa membuat menu kesukaannya untuk sarapan. Jika belum tahu, Anda bisa bertanya kepada anak apa yang dia inginkan untuk menu sarapan. Usahakan untuk menyediakan menu sehat yang disukai anak.

3. Buat menu sarapan yang bervariasi

Anak menolak sarapan karena mereka bosan dengan menu yang itu-itu terus. Agar dia tidak bosan dan mau sarapan lagi, Anda bisa mencoba menu sarapan baru. Anda bisa belajar masakan dari masakan luar negeri atau juga membuat menu sarapan yang unik. Dengan begini anak tidak akan merasa bosan lagi.

4. Sarapan pagi berhadiah

Agar anak mau sarapan, tidak ada salahnya jika Anda menyiapkan menu sarapan yang berhadiah. Berikan poin pada setiap menu sarapan yang Anda buat. Berikan poin tertinggi pada makanan yang sehat. Jika semua poin sudah terkumpul, Anda akan memberi hadiah untuknya.

5. Buat peraturan wajib sarapan

Jika cara lembut di atas tidak berhasil, Anda bisa mencoba cara yang tegas. Beritahu semua anggota keluarga mengenai peraturan wajib sarapan. Jika ada yang melanggar, maka uang jajan akan dipotong. Selain bisa membuat anak sarapan, cara ini juga bisa menjadikan anak lebih disiplin.

Sarapan menjadi hal yang penting karena bisa menambah sistem kekebalan tubuh pada manusia. Karena rutin sarapan, maka anak akan lebih sehat dan tahan penyakit. Jadi, teruslah ajari anak untuk sarapan agar dia tidak mudah terserang penyakit.

Comment di sini