CiriCara: Cara Cegah Penyebaran Bakteri Melalui Lap Dapur

by
July 9th, 2012 at 12:10 pm

Kebanyakan orang selalu menggunakan kain lap untuk mengeringkan piring setelah dicuci. Dengan menggunakan kain lap, piring memang akan lebih cepat kering. Namun, apakah Anda yakin lap yang digunakan bebas dari bakteri?

Berdasarkan penelitian, lap dapur sering menjadi sarang dari bakteri E.coli yang bisa membuat Anda dan sekeluarga terkena diare. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena masih ada cara untuk mencegah penyebaran bakteri dari lap dapur.

Berikut cara mencegah penyebaran bakteri dari lap dapur:

1. Punya dua lap

Bakteri akan cepat menyebar melalui kedua tangan, itulah sebabnya Anda harus punya dua lap. Lap satu untuk piring dan satunya lagi untuk lap tangan. Dengan begini bakteri tidak akan menyebar ketangan Anda dan keluarga.

2. Lap khusus sisa daging

Siapkan lap khusus untuk mengelap sisa irisan daging yang ada di pisau atau meja. Karena bakteri dalam daging diketahui sangat cepat menyebar, terutama bakteri pada daging ayam. Jadi, sediakan lap khusus dan langsung cuci lap tersebut setelah memakainya.

3. Sediakan lap khusus wastafel

Menurut para ahli, wastafel adalah tempat kedua yang paling berbakteri setelah toilet. Untuk mencegah penularan bakteri, ada baiknya jika Anda menggunakan lap khusus. Pakailah lap kertas atau spons untuk membersihkan wastafel. Jangan memakai lap sama untuk membersihkan piring atau meja makan.

4. Jangan gunakan pembersih pada lap

Dalam mengelap, sebaiknya jangan gunakan cairan pembersih pada lap meja ataupun perbotan lainnya. Karena bakteri bisa saja mencemari tangan Anda melalui sisa pembersih tersebut. Jika sudah terlanjur, ada baiknya Anda mencuci tangan hingga bersih setelah menggunakan lap tersebut.

5. Taruh lap dengan cara digantung

Lap yang basah saat diletakkan begitu saja di meja akan membuat suhu udara jadi lembab. Ini bisa membuat bakteri jadi tumbuh subur. Karena bakteri sangat suka di tempat yang lembab. Untuk mencegah hal itu terjadi, sebaiknya taruh lap di kail atau paku (menggantung). Selain mencegah kelembabpan, kain lap juga bisa lebih cepat keringnya.

Jangan biarkan anak atau keluarga Anda terserang bakteri berbahaya karena lap dapur. Itulah sebabnya Anda harus pandai-pandai dalam menjaga kebersihan sekaligus menyimpan lap dengan cara yang benar.

Comment di sini