CiriCara: Cara Menyambut Bulan Ramadan yang Baik

by
July 9th, 2012 at 11:16 am

Tinggal hitungan hari, umat Islam di Indonesia akan memasuki bulan suci Ramadhan 1433 Hijriah. Berbagai upacara adat dan tradisi mulai dilakukan disejumlah daerah untuk menyambut bulan suci ini. Tapi bagaimana cara menyambut bulan Ramadhan yang baik?

Menyambut bulan Ramadhan dengan menggelar tradisi atau adat itu boleh saja. Namun ada baiknya sebagai umat muslim, Anda tahu hal-hal yang perlu dilakukan sesuai dengan ajaran agama Islam.

Berikut cara menyambut bulan suci Ramadhan yang baik:

1. Memperbanyak doa kepada Allah SWT

Kembali dihadapkan kepada bulan suci Ramadhan adalah nikmat dan kesempatan yang sangat luar biasa bagi seorang muslim. Sebagai tanda syukur, banyak para ahli ibadah yang berdoa dan mengucap syukur kepada Allah SWT. Karena ini adalah kesempatan yang diberikan Allah untuk umat Islam yang ingin menebus dosa.

2. Sucikan diri dengan bertaubat

Bulan Ramadhan adalah bulan yang agung dan suci. Itulah sebabnya Anda harus menyambutnya dalam kondisi suci pula. Sebelum bulan Ramadhan itu datang, bersihkan diri dengan cara taubat nasuha (taubat yang sesungguhnya). Jauhilah semua hal yang berdosa dan maksiat. Ini adalah kesempatan Anda untuk meraih kemenangan.

3. Perdalam ilmu tentang Ramadhan

Sebelum memasuki bulan Ramadhan, Anda bisa mulai belajar mengenai hal-hal yang berkaitan dengan puasa. Anda bisa mempelajari hukum, keutamaan, hal yang dilarang dan juga sejarah perintah puasa. Dengan ini kemantapan hati Anda akan bertambah dan Anda pun siap untuk menyambut Ramadhan.

4. Mengatur rencana sebaik mungkin

Jangan biarkan bulan Ramadhan ini jadi bulan yang sia-sia. Manfaatkanlah bulan suci ini untuk memperbanyak amal ibadah Anda. Agar Anda bisa beribadah dengan baik, ada baiknya Anda menyusun rencana terlebih dahulu. Pikirkan apa yang akan Anda lakukan selama Ramadhan nanti. Jadwalkan hal yang baik agar Anda tidak lupa saat bulan Ramadhan itu datang.

5. Menyambut dengan berbahagia

Rasulullah SAW, selalu memberikan kabar gembira kepada para sahabatnya setiap kali datang bulan Ramadhan. “Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah telah mewajibkan kepada kalian untuk berpuasa. Pada bulan itu Allah membuka pintu-pintu surga dan menutup pintu-pintu neraka,” (HR. Ahmad).

Itulah beberapa cara menyambut Ramadhan yang baik dan sesuai dengan ajaran agama Islam. Menyambut Ramadhan dengan acara adat boleh saja, asalkan jangan mengganggu dan bahkan menimbulkan unsur syirik. Sambutlah Ramadhan dengan hati yang damai dan perasaan yang senang.

Semoga bermanfaat.

Comment di sini