CiriCara: Ciri Orang yang ‘Sok Tahu’

by
July 9th, 2012 at 3:52 pm

Bertemu dengan orang yang ‘sok tahu’ alias merasa dirinya paling pintar memang sangat menyebalkan. Semua pendapat yang kamu lontarkan pasti akan dibantah olehnya. Daripada kamu emosi, lebih baik jangan hiraukan orang seperti ini.

Orang yang ‘sok tahu’ sebaiknya jangan dilawan karena dia selalu ingin menang. Lebih baik kamu mengalah atau menghindarinya. Sebelum itu, lebih baik kenali dulu ciri-ciri orang yang sok tahu agar kamu bisa menghindar.

Berikut ciri-ciri orang yang sok tahu:

1. Suka berdebat namun sering salah

Orang yang ‘sok tahu’ biasanya punya kepercayaan diri yang tinggi. Itulah sebabnya dia sangat suka berdebat. Dia sering berkomentar mengenai suatu hal yang tengah dibahas. Meski dia tidak diminta untuk berpendapat, dia pasti langsung menyampaikan pendapatnya sendiri. Padahal sebagian besar pendapatnya itu salah.

2. Suka pamer kepintaran

Orang yang ‘sok tahu’ pada dasarnya hanya ingin dipuji dan disanjung oleh banyak orang. Itulah sebabnya dia sering pamer kepintarannya sendiri. Dia sering ikut campur dengan pembicaraan orang lain mengenai suatu hal. Padahal dia sama sekali tidak tahu pokok permasalahannya.

3. Mencampuri pembicaraan orang lain

Orang ‘sok tahu’ biasanya sangat suka mencampuri pembicaraan orang lain. Meski dia baru datang, dia pasti akan langsung ikut mengobrol seolah-olah dia tahu apa yang sedang dibahas. Padahal dia hanya mengira-ngira saja.

4. Merendahkan pendapat orang lain

Orang ‘sok tahu’ biasanya suka merendahkan pendapat orang lain yang tidak sepaham. Dia sering mengatakan bahwa pendapatnya adalah yang benar, sedangkan pendapat orang lain itu salah. Padahal dia tidak punya bukti mengenai hal itu.

5. Tidak mau mendengar pendapat orang lain

Karena sudah merasa pintar, orang ‘sok tahu’ sering mengabaikan pendapat orang lain. Dia tidak mau peduli dan mendengarkan pendapat orang lain. Yang dia percaya hanya pendapatnya dan pandangannya saja.

Menghadapi orang yang ‘sok tahu’ memang sangat menyebalkan. Banyak diantara kita yang merasa kesal, jengkel, dan marah dibuatnya. Namun, kita harus bersabar, karena cepat atau lambat dia pasti akan mendapatkan akibatnya.

Comment di sini