Samsung Menang, Galaxy Nexus Kembali Beredar di AS

by
July 9th, 2012 at 2:10 pm

Samsung kini bisa sedikit berlega hati. Meskipun penjualan Galaxy tab 10.1 di Amerika masih dicekal, setidaknya salah satu produk unggulan mereka, Galaxy Nexus, masih bisa dipasarkan. Keputusan pengadilan yang membekukan izin penjualan Galaxy Nexus telah ditangguhkan untuk sementara.

Dua minggu yang lalu, Apple berhasil meyakinkan hakim Lucy Koh di pengadilan San Jose untuk membekukan izin beredarnya Galaxy Nexus hingga persidangan mereka yang akan dimulai 30 Juli mendatang.

Sebelumnya Samsung telah berusaha untuk membawa kedua produk mereka Galaxy Tab 10.1 dan Galaxy Nexus ke pasar Amerika pada 26 Juni lalu, tapi usaha mereka belum membuahkan hasil. Hakim Koh ketika itu belum mau menagguhkan keputusan mereka yang membekukan izin Samsung.

Namun, pada 6 Juli 2012 Samsung berhasil mencairkan pembekuan izin yang mereka terima. Galaxy Nexus mendapat izin untuk kembali ke pasaran.

Hingga kini belum diketahui apakah penangguhan tersebut terkait dengan campur tangan Google atau tidak. Pasalnya, beberapa hari yang lalu Google telah menyatakan akan membantu Samsung terkait kasus Galaxy Nexus tersebut.

Sementara itu, Apple, sang penggugat yang sejak tahun 2010 terus aktif menggugat rival-rivalnya terkait pelanggaran paten, diberi waktu hingga 12 Juli mendatang untuk merespon keputusan tersebut.

Sejauh ini, Samsung memang merupakan rival terberat Apple. Meskipun selama Januari hingga Maret 2012 penjualan iPad berhasil menguasai hampir 63 persen pasar tablet dunia, dominasi mereka di penjualan smartphone masih kalah dibanding Samsung. Pada Jumat, 6 Juni 2012 kemarin, Samsung mengumumkan bahwa keuntungan mereka  pada periode Januari-Maret 2012 dari penjualan smartphone saja mencapai US$5.9 juta atau sekitar Rp 55 miliar.

Comment di sini