Menkominfo Redam Isu “Kiamat Internet”

by
July 9th, 2012 at 9:00 am

Terkait isu “Kiamat Internet” yang kini tengah ramai dibicarakan, Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring menyampaikan bahwa masyarakat  tidak perlu panik. Menurutnya, virus DNS-Changer yang menjadi penyebab “Kiamat Internet” tidak berisiko tinggi di Indonesia.

Dalam keterangan pers pada Minggu (8/7) malam, Tifatul mengatakan bahwa Kiamat Internet” hanyalah sebuah rumor. Ini berarti bahwa kemacetan jaringan internet di Indonesia dalam skala besar pada 9 Juli 2012 tidaklah benar. Selain itu, ia juga menyampaikan himbauan tersebut melalui akun twitternya @tifsembiring.

Menteri kelahiran 28 September 1961 tersebut juga menyampaikan bahwa Indonesia sempat mendapat serangan bertubi-tubi dari virus yang diciptakan warga Estonia tersebut. Namun, Biro Investigasi Amerika Serikat (FBI) segera bertindak dengan menciptakan antivirus baru.

Saat ini, jumlah komputer yang terjangkit DNS-Changer telah jauh berkurang. Tiga bulan lalu jumlahnya mencapai 360.000 komputer, sedangkan sekarang hanya sekitar 277.000. Dari jumlah Tersebut, 64.000 di antaranya merupakan komputer-komputer di Amerika.

“FBI pernah merilis 25 negara yang berisiko tinggi terjangkit Trojan. Namun, Indonesia tidak termasuk dalam daftar tersebut. Kebanyakan berjangkit di negara-negara Eropa dan Amerika,” ujar Tifatul.

Terakhir, Tifatul menambahkan bahwa meskipun menurut para peneliti DNS-Changer tidak berkembang di Indonesia, setiap pengguna internet sepatutnya tetap waspada. Untuk menjaga agar tetap aman beraktivitas di dunia maya, ia menganjurkan untuk  memeriksa dan membersihkan komputer masing-masing dengan menggunakan program antivirus dan tidak mengunjungi tautan-tautan yang dikirim oleh orang yang tidak dikenal.

Comment di sini