Wow! Gadis 15 Tahun Terpilih Jadi Walikota

by
July 9th, 2012 at 6:51 pm

Tribunnews

Gadis yang berumur 15 tahun, Bashaer Othman terpilih menjadi walikota Allar, tepi barat, Palestina. Bashaer pun dinobatkan sebagai walikota perempuan termuda di dunia. Ia akan menjabat selama 2 tahun kedepan.

Seperti yang diberitakan situs Albawaba, Bashaer terpilih menjadi walikota karena kebijakan memberdayakan kaum muda di Palestina. Dengan kebijakan ini, pemerintah Palestina di kota Allar, memberikan kesempatan pada kaum muda untuk mencalonkan diri.

Bashaer mengaku akan berbagi pengalamannya menjadi walikota kepada para pemuda lainnya. Ia berharap dengan pengalamannya itu, ia bisa memunculkan generasi baru yang lebih siap menjadi walikota.

“Melalui pengalaman ini, saya bisa berbagi pada pemuda lain. Jadi mereka bisa mempersiapkan diri jika suatu saat menjalankan lembaga negara,” ungkap Bashaer seperti dikutip dari Tribunnews, Senin (9/7/2012).

Meski terpilih menjadi walikota, Bashaer Othman masih berada di bawah pengawasan walikota terpilih yang lebih senior, Sufian Shadid. Namun tetap, semua tugas walikota akan diserahkan kepada Bashaer.

Sebagai walikota, Bashaer bertanggung jawab atas semua hal yang berkaitan dengan Allar, termasuk pengawasan karyawan dan menandatangani dokumen. Namun, masalah keuangan Bashaer tidak boleh ikut campur.

Shadid mengungkapkan, terpilihnya Bashaer Othman menjadi walikota adalah bentuk dukungannya kepada kaum muda di kota Allar. Baginya ini adalah cara untuk memupuk mental kaum muda dan juga menambah pengalaman kaum muda berbakat di kota kecil itu.

“Banyak cara mendukung kaum muda. Pertama, memastikan tidak ada satu halangan bisa menghambat mereka. Kedua, mempupuk tekad dan ketekunan,” kata Shadid.

Kota Allar merupakan kota kecil di Palestina yang mempunyai penduduk kurang dari seribu jiwa. Luas wilayahnya 12,3 kilometer persegi. Penduduk Allar pernah berkurang karena terjadi penyerbuan pada 1948 oleh pasukan haganah (tentara bawah tanah Zionis) sebelum Israel berdiri.

Itulah kebijakan pemberdayaan kaum muda di Palestina khususnya di Kota Allar. Bisakah Indonesia meniru Palestina dalam memberdayakan kaum muda?

Comment di sini