Anehnya Festival Gulat dengan Kuda di Spanyol [Foto]

by
July 10th, 2012 at 9:15 am

Lagi-lagi, Spanyol menampilkan festival unik namun berbahaya. Selain festival tahunan San Fermin, yaitu berlari bersama kawanan banteng, kini ada festival lain yang dikenal dengan sebutan “Rapa das Bestas” atau dalam terjemahan bahasa Inggrisnya “Cropping The Beasts”.

Festival ini sudah menjadi tradisi penduduk Spanyol sejak 400 tahun yang lalu. Kalau pada festival San Fermin hewan yang digunakan adalah banteng, pada festival Rapa das Bestas, hewan yang digunakan adalah ratusan kuda liar dari pegunungan Galicia.

Para peserta yang mengikuti festival ini diharuskan untuk “memanen” rambut-rambut kuda liar itu, tanpa menggunakan tali, gunting, atau peralatan lainnya. Mereka harus bergulat dengan kuda-kuda tersebut, untuk dapat menarik ekornya atau pun rambut di kepalanya dengan tangan kosong.

AFP/Getty Images/Daily Mail

Kegiatan ini memang sangat menantang sekaligus sangat berbahaya sebab kuda yang digunakan pada festival ini adalah kuda liar. Kuda-kuda tersebut bisa saja mengamuk secara tiba-tiba dan menendang para peserta yang mencoba menarik ekor atau menjambak rambutnya.

Meskipun demikian, banyak warga Spanyol yang tertarik mengikuti festival yang diadakan di daerah pedesaan San Lorenzo de Sabucedo di Spanyol ini. Festival yang berlangsung selama tiga hari ini, termasuk festival tahunan yang selalu diselenggarakan pada hari Sabtu di minggu pertama pada bulan Juli. Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai ajang adu kuat antara tenaga manusia dan tenaga kuda.

Pada akhir dari festival ini, kuda-kuda malang tersebut akan dilepaskan kembali ke pegunungan Galicia untuk hidup bebas di alam liar.

Berikut ini beberapa foto festival Rapa das Bestas.

AFP/Getty Images/Daily Mail

AFP/Getty Images/Daily Mail

AFP/Getty Images/Daily Mail

Setidaknya, satu ekor kuda harus ditaklukkan oleh tiga orang.

AFP/Getty Images/Daily Mail

AFP/Getty Images/Daily Mail

Terlihat bahwa peserta begitu antusias untuk menumbangkan kuda-kuda liar tersebut. Sedangkan, sorot mata kuda-kuda itu mengatakan bahwa mereka kesakitan. Namun, ini hanyalah sebuah ajang kreativitas warga Spanyol untuk melatih kekuatan manusia. Sejumlah pihak keberatan dengan diadakannya festival tersebut karena dianggap kejam dan mengganggu kehidupan binatang liar.

Setujukah kalian dengan aksi gulat yang dipandang tidak menghargai hak hidup binatang di Spanyol itu?

Daily Mail

Comment di sini