CiriCara: Ciri dan Cara Mengenali Kanker Payudara Pria

by
July 10th, 2012 at 10:46 am

Kanker payudara banyak dijumpai menyerang perempuan namun bukan berarti pria tidak akan terkena penyakit ganas ini. Pria juga dapat terkena penyakit ini walaupun kemungkinannya sangat kecil.

Peningkatan risiko terkena penyakit kanker payudara juga meningkat sesuai dengan usia. Keadaan ini sama dengan risiko kanker payudara pada wanita.

Sejumlah faktor yang memengaruhi munculnya penyakit kanker payudara pada pria  antara lain riwayat kanker payudara pada keluarga, sindrom Klinefelter, mutasi gen BRCA, gangguan testis, dan kelebihan hormon estrogen. Hal lain yang dapat memicu munculnya kanker payudara adalah konsumsi alkohol yang berlebihan, rokok, malas beraktivitas serta kelebihan berat badan.

Pria memiliki jaringan payudara yang kecil dan tidak dapat memproduksi ASI. Jaringan ini terletak tepat di belakang puting. Apabila kanker menyerang, sel-sel jaringan payudara mengalami pertumbuhan  yang tidak semestinya dan tidak terkontrol.

Gejala yang timbul pada pria biasanya tidak terasa apabila ukuran kanker masih kecil.  Tanda yang paling umum adalah munculnya rasa sakit tepat di bawah puting. Gejala ini bisa saja menjadi satu-satunya gejala yang dialami penderita kanker payudara pria walau terkadang disertai dengan gejala lain seperti perubahan kulit pada daerah puting seperti bersisik, berkerut, kemerahan atau bahkan puting berubah warna menjadi buram atau berdarah.

Penyakit ini tidak mengenal usia. Semua pria dapat terkena kanker ini dan untuk mendiagnosanya diperlukan identifikasi sel kanker yang didapat melalui biopsi. Kanker ini dapat didiagnosis dengan cara:

- Pemeriksaan payudara sendiri
- USG payudara
- Pemeriksaan puting
- Mammogram

Setelah kanker payudara di deteksi, hal lain yang perlu dilakukan adalah melakukan pengobatan. Pada umumnya kanker ini akan diobati dengan pembedahan namun tentu saja ini bergantung pada kondisi umum pasien.

Cara selain operasi adalah radiasi. Radiasi biasanya digunakan untuk mengurangi ukuran kanker sebelum operasi diadakan. Cara lain yang bisa dipakai adalah dengan terapi rutin. Terapi ini menggunakan obat antikanker dimasukkan ke pembuluh darah atau mulut. Terapi digunakan untuk membunuh sel-sel kanker yang masih ada di payudara, daerah ketiak, dan dinding dada.

Comment di sini